PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP PADA KLINIK BIDAN HJ. ASWILDA

Anisa Aprilia, Laela Indawati

Sari


Komputer sebagai alat bantu dapat mempermudah kinerja serta menjadi sarana peningkatan efisiensi kerja yang amat baik. Salah satu cara memanfaatkan perkembangan teknologi informasi adalah penggunaan komputer di bidang pelayanan kesehatan, untuk memberikan pelayanan yang baik dan kepuasan pelanggan. Prosedur administrasi yang sederhana, mudah dan cepat merupakan salah satu peningkatan pelayanan kepada pasien.. Masalah di Bidan Hj. Aswilda adalah kurangnya pelayanan kesehatan baik itu proses pencatatan data, penghitungan biaya, lamanya pelayanan yang diberikan, membuat surat-surat yang berhubungan dengan kesehatan pasien dan pembuatan laporan karena kinerja yang dilakukan dalam membantu pelayanan kesehatan masih bersifat manual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah sistem informasi baru yang dapat mempercepat dalam proses pendaftaran pasien dan pencarian data pasien, dapat membuat penyimpanan data menjadi efisien, membantu proses pembayaran yang lebih efektif, dan sistem yang dapat membuat surat keterangan dan penyajian laporan menjadi lebih mudah Hasil tugas akhir ini berupa rancangan sistem informasi administrasi pasien rawat inap yang meliputi Menu master, menu transaksi, menu surat keterangan dan menu laporan. Penulis berharap dengan adanya rancangan sistem informasi administrasi rawat inap yang terkomputerisasi, dapat membantu Bidan Hj. Aswilda. Dalam mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi.


Kata kunci: Sistem informasi administrasi rawat inap, metodologi berorientasi obyek


Referensi


Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu

Devisi Penelitian dan Pengembangan Madcoms-Madiun. 2004, Membuat Aplikasi Database Karyawan Online Berbasis WEB dengan PHP dan MySQL, Andi Offset danMADCOMS, Yogyakarta.

Hastomo. Pengertian dan Kelebihan Database Mysql. Jakarta, 2013.

Jogiyanto. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2009.

Keputusan Menteri Kesehatan RI no. 269/MENKES/PER/III/2008 Tentang Rekam Medis

Menkes RI. Nomor 900/Menkes/SK/VII/2002 Tentang Registrasi dan Praktek Bidan.

Nazriah. Konsep Dasar Kebidanan. Banda Aceh : Yayasan Pena, 2009.

Nugroho Adi. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi, 2010.

Robert A. Leitch/K. Roscoe Darwis, Manajemen Control Systems, (New Jersey: Prentice Hall, 1983), hal. 6.

Sholiq. Analisa Dan Perancangan Berorientasi Obyek : Konsep Dasar Berorientasi Obyek. Bandung : Mutiara Indah, 2010.

Widjaya, Lily. Pengolaan Sitem Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan. Modul 1B, Jakarta: Universitas Esa Unggul, 2009.

Wilkinson, Joseph W, 1993, Sistem Akunting dan Informasi, Penerbit Bina Rupa Aksara, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISIT COUNTER:

gerEGGe