PERAN MANAJER DALAM EVALUASI POAC UNIT REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN DI RSUD TARAKAN JAKARTA

Alfian Aroododo, Nauri Anggita Temesvari

Sari


Rekam medis adalah berkas yang berisikan tentang identitas dan pelayanan yang telah diberikan kepada pasien. Unit RMIK dalam fasilitas pelayanan kesehatan bertanggung jawab dalam membuat dan memelihara rekam medis pasien. Oleh karena itu diperlukan manajemen yang baik untuk mengelola unit rekam medis di fasilitas pelayanan kesehatan. Manajemen didefinisikan sebagai rangkaian kegiatan yang bekerja secara sistematis untuk mencapai tujuan yang diinginkan, kegiatan manajemen meliputi planning, organizing, actuating dan controlling (POAC). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran manajer dalam evaluasi POAC unit rekam medis dan informasi kesehatan di RSUD Tarakan Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan menggambarkan fungsi POAC di unit RMIK. Penelitian ini menggunakan wawancara dengan 1 manajer dan 8 petugas RMIK. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran manajer masih belum maksimal dalam mengevaluasi POAC dikarenakan adanya pergantian jabatan manajer dan manajer baru butuh waktu untuk penyesuaian kerja di unit rekam medis. Manajer memiliki peranan yang sangat besar dalam melaksanakan fungsi POAC di unit rekam medis dan informasi kesehatan. Sebaiknya ada pendelegasian wewenang kepada petugas rekam medis senior pada saat pergantian jabatan manajer sehingga kegiatan perencanaan tetap terus berjalan dan sebaiknya manajer memiliki latar belakang pendidikan rekam medis.

 

Kata kunci : peran manajer di unit rekam medis, poac, manajemen

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anton, Athoillah. 2010. “Dasar – Dasar Manajemen.” Jakarta: Pustaka Setia.

Ery, Rustianto. 2012. “Etika Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan.” Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gemala, R, Hatta. 2013. “Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan Revisi II.” Jakarta: UI-Press.

Grace, E,C, Korompis. 2016. “Organisasi & Manajemen Kesehatan,” Manado: EGC.

Direktorat Jendral Bina Pelayan Medik. 2006. “Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia Revisi II.” Jakarta: Pemerintah.

Dedi, Alamsyah. 2011. “Manajemen Pelayanan Kesehatan.” Yogyakarta: Nuha Medika.

Savitri, Citra, Budi. 2011. “Manajemen Unit Kerja Rekam Medis.” Yogyakarta: Quantum Sinergi Media.

Saryono & Mekar Dwi, Anggraeni. 2013. “Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan.” Yogyakarta: Nuha Medika.

Suparto, Adikoesomo. 2012. “Manajemen Rumah Sakit.” Jakarta: PT Pustaka Sinar Harapan.

Kementrian, Kesehatan. 2011. “Permenkes No. 269 Tahun 2008 Tentang Rekam Medis.” Jakarta: Republik Indonesia.

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 2013. “Permenpan No 30 Tahun 2013 Tentang Jabatan Fungsional Perekam Medis dan Angka Kreditnya.” Jakarta: Republik Indonesia.

Wirawan, 2011. “Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi & Profesi”. Jakata: Rajagrafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISIT COUNTER:

gerEGGe