EFISIENSI PENGELOLAAN DI BANGSAL ASOKA BERDASARKAN GRAFIK BARBER JOHNSON DI RUMAH SAKIT SUMBER WARAS TRIWULAN I-IV TAHUN 2016

Intan Novarinda, Deasy Rosmala Dewi

Abstract


Efisiensi pengelolaan rumah sakit secara garis besar dapat dilihat dari  dua  segi  yaitu segi  medis  yang meninjau  efisiensi  dari  sudut  mutu pelayanan medis dan dari segi ekonomi yang meninjau efisiensi dari sudut pendayagunaan  sarana  yang  ada. Untuk mengetahui efisiensi pengelolaan pelayanan rumah sakit diperlukan adanya perhitungan empat parameter Grafik Barber Johnson. Berdasarkan hasil observasi awal pada bangsal Asoka di Rumah Sakit Sumber Waras ditemukan BOR yang cukup rendah yaitu 52,26% yang menandakan tingkat hunian di bangsal Asoka rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran efisiensi pengelolaan di bangsal Asoka berdasarkan Grafik Barber Johnson di rumah sakit Sumber Waras Triwulan I-IV tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif menggambarkan hasil analisis Grafik Barber Johnson di bangsal Asoka pada Triwulan I-IV tahun 2016 yang didukung dengan hasil observasi dan wawancara kepada SDM bagian pelaporan dan kepala instalasi Unit Rekam Medis. Berdasarkan hasil analisa Grafik Barber Johnson Pada bangsal Asoka Triwulan I-IV pertemuan empat parameter berada di luar daerah efisiensi yang telah ditetapkan oleh Barber Johnson yang menandakan bahwa sistem yang berjalan di rumah sakit Sumber Waras belum efisien. Disarankan kepada Rumah Sakit Sumber Waras sebaiknya merencanakan strategi pemasaran agar pemanfaatan tempat tidur di Rumah Sakit Sumber Waras dapat lebih di tingkatkan.

 

Kata Kunci: efisiensi pengelolaan rumah sakit, grafik barber johnson, statistik kesehatan

Full Text:

PDF

References


Ahmad Halif Mardian. (2016). “Analisis Efisiensi Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Balung Tahun 2015 melalui Pendekatan Barber Johnson” bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Jember.

M.Sjahid, Destri Nita. (2016). “Kajian Tentang Tingkat Efisiensi Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur Menggunakan Metode PCA-DEA, Jurnal Sains dan Seni ITS Vol. 1, No. 1. Sept. ISSN: 2301-928X.

Rahardjo Adisasmita. (2011). “Manajemen Pemerintahan Daerah”, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Republik Indonesia. (2009). “Undang-undang RI Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit”, Pemerintah, Jakarta.

Soejadi. (1996). “Efisiensi Pengelolaan Rumah Sakit Grafik Barber Johnson Sebagai Salah Satu Indikator”, Katiga Bina, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.