TINJAUAN EFEKTIVITAS ALUR KERJA (WORKFLOW) SISTEM PENDAFTARAN RAWAT JALAN PADA IMPLEMENTASI PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA SUKAPURA

Nisa Rafilda Khafidah, Hosizah Hosizah

Sari


Efektivitas alur kerja (workflow) sistem pendaftaran rawat jalan pada implementasi pasien BPJS merupakan gambaran langkah-langkah untuk pasien yang berobat jalan menggunakan BPJS dan sebagai acuan petugas pendaftaran dalam mendaftarkan rawat jalan pasien BPJS. Untuk mengetahui tingkat efektivitas alur kerja sistem pendaftaran rawat jalan pada implementasi pasien BPJS dilihat dari empat aspek yaitu aspek tugas atau fungsi, aspek rencana atau program, aspek ketentuan dan peraturan, serta aspek tujuan atau kondisi ideal dinilai dengan menggunakan Siklus Deming (Plan, Do, Check, Act). Berdasarkan observasi awal yang ditemukan peneliti di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura efektivitas alur kerja rawat jalan pada implementasi pasien BPJS masih kurang efektif dalam pelaksanaanya sehingga sering terjadi miskomunikasi antar unit, perawat yang bekerja dipoliklinik, petugas pendaftaran rawat jalan BPJS atau pun pasien. Maka perlu dibuat alur kerja khusus mengatur sistem pendaftaran rawat jalan pasien BPJS. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui efektivitas alur kerja sistem pendaftaran rawat jalan pada implementasi pasien BPJS di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu peneliti dapat menggambarkan efektivitas alur kerja sistem pendaftaran rawat jalan pada implementasi pasien BPJS yang didukung dengan hasil penelitian dan wawancara dengan petugas Unit Rekam Medis di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura. Berdasarkan hasil penelitian pemakaian alur kerja sistem pendaftaran rawat jalan yang diimplementasikan pada pasien BPJS masih kurang efektif sehingga sering terjadi miskomunikasi antar unit atau pun petugas yang mengganggu proses pendaftaran. Di sarankan kepada Unit Rekam Medis Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura untuk membuat alur kerja sistem pendaftaran rawat jalan pasien BPJS agar pelaksanaan pendaftaran pasien menjadi efektif.

 

Kata kunci : efektifivitas, alur kerja (workflow), rawat jalan BPJS

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Depkes RI. (2007). Peraturan Menteri Kesehatan No. 512/Menkes/Per/2007 Tentang Izin Praktik dan Pelaksanaan Praktik Kedokteran. Jakarta : Dirjen Pelayanan Medik.

Edna K. Huffman. (1994). Health Information Management Tenth Edition. Illinois: Physicians’ Record Company.

Kementerian Pedidikan Nasional. (2010). Laporan Kajian Manajemen Pemantauan Alur Kerja Untuk e-Layanan.

Siagian P. Sondang. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 tahun. 2009. Tentang Rumah Sakit.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISIT COUNTER:

gerEGGe