TINJAUAN PENGEMBALIAN REKAM MEDIS RAWAT JALAN DAN KECEPATAN PENDISTRIBUSIAN REKAM MEDIS KE POLIKLINIK DI RUMAH SAKIT AN-NISA TANGERANG

Raysha Dheamalia Muchtar, Noor Yulia

Sari


Untuk mendapatkan kinerja instalasi rekam medis yang berkualitas maka dalam penyelenggaraan rekam medis harus dilakukan dengan benar dan tepat, termasuk pada pengembalian dan pendistribusian rekam medis. Standar pengembalian rekam medis di Rumah Sakit An-Nisa adalah ≤1x24 jam dan pendistribusian rekam medis adalah ≤10 menit. Keterlambatan dalam pengembalian rekam medis dan pada pendistribusian rekam medis akan mengganggu pelayanan medis yang akan diberikan kepada pasien saat kontrol ulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai pengembalian rekam medis rawat jalan dan kecepatan pendistribusian rekam medis ke poliklinik di Rumah Sakit An-Nisa Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian pada pengembalian rekam medis yang tepat waktu sebesar 83% dan yang tidak tepat waktu sebesar 17%. Rata – rata pendistribusian rekam medis ke nurse station adalah 13 menit. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa pengembalian rekam medis rawat jalan dan pendistribusian rekam medis belum berjalan dengan baik. Keterlambatan pada pengembalian rekam medis dikarenakan tidak ada pengecekan terhadap rekam medis yang dipinjam dengan yang dikembalikan oleh perawat poliklinik dan petugas casemix. Keterlambatan pada pendistribusian rekam medis karena pengembalian rekam medis yang >1x24 jam. Agar pada proses rekam medis bisa berjalan dengan baik maka disarankan adanya pengawasan serta pengontrolan terhadap pengembalian rekam medis.

 

Kata Kunci : Rekam Medis, Pengembalian, Pendistribusian, Rawat Jalan

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Departemen Kesehatan RI. (2006). “Pedoman Penyelenggaraan Rekam Medis Rumah Sakitâ€, Jakarta.

Edho Triyatmoko. (2016). “Tinjauan Lama Waktu Pendistribusian Rekam Medis Rawat Jalan di Poliklinik Jantung Rumah Sakit Marinir Cilandak Periode Maret.

IFHIMA. (2012). “Module 3: Record Identification Systems, Filing, and Retention of Health Recordâ€, IFHIMA, United States of America.

Lily Widjaya. (2014). “Modul 2B Sistem Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan tentang Pengarsipan Rekam Medis, Jakarta.

Meilinda Dwi Astuti. (2016). “Tinjauan Ketepatan Waktu Pengembalian Rekam Medis Rawat Jalan di Rumah Sakit Jiwa DR. Soeharto Heerdjan.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor: 129 Tahun (2008). Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. 06 Februari 2008. Jakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor: 269 Tahun (2008). Rekam Medis. 12 Maret 2008. Jakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor: 340 Tahun 2010 Klasifikasi Rumah Sakit. 11 Maret 2010. Jakarta.

Stefanu Supriyanti Winarti, “Analisis Kelengkapan Pengisian dan Pengembalian Rekam Medis Rawat Inap Rumah Sakitâ€, Volume 1 Nomor 4.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISIT COUNTER:

gerEGGe

 

Â