PEMANFAATAN FLOWCHART UNTUK KEBUTUHAN DESKRIPSI PROSES BISNIS

Malabay Malabay

Sari


Abstrak

Perkembangan teknologi informasi khususnya dibidang teknologi informatika telah berkembang dan menyentuh seluruh aspek kehidupan proses bisnis. Kemajuan teknologi informatika diharapkan menyelesaikan suatu permasalahan dengan lebih mudah, efektif dan efisien, salah satunya komputer yang dapat dijadikan sebagai media penyimpanan data, pengolahan data dan perolehan informasi. Informasi yang dihasilkan dari suatu rancangan untuk mempermudah pengelolaan data dilakukan dengan gambaran berupa diagram alir atau yang disebut dengan Flowchart, sementara Flowchart dibuat untuk lebih memahami aliran kegiatan dan dokumen pada suatu proses bisnis. Proses bisnis dapat lebih optimal untuk dipahami dan merealisasikan suatu proses pada sistem yang akan dibangun atau dikembangkan. Dengan adanya Flowchart, sistem tersebut diharapkan tercipta sesuai kerangka aliran dan sesuai dengan kondisi proses bisnis yang ada. Fungsi Flowchart sangat membantu untuk memberikan   gambaran suatu proses produksi agar mudah dipahami dan mudah dilihat berdasarkan urutan langkahnya  dari proses yang satu ke proses yang lainnya. Selanjutnya memberikan  kesederhanaan pada rangkaian proses untuk memudahkan pemahaman pengguna terhadap informasi yang dibutuhkan terhadap bisni prosesnya. Bisnis proses adalah suatu proses yang membutuhkan sumber daya berupa: energi, aktivitas, biaya, waktu. Untuk mencapai sesuatu yang akan dicapai dari bisnis proses harus melalui prosedur yang telah ditetapkan.

Kata Kunci : flowchart, deskrispsi, proses bisnis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Pressman, Roger S. (2010). Sotware Engineering: apractitioners approach (7th edition). New York: McGraw-Hill.

Ryaldhi, Ahmad Juniar. (2015). Analisis dan Pengembangan Sistem Basis Data Kehumasan Studi Kasus SUDIN KOMINFOMAS Walikota Administrasi Jakarta Barat. Tugas Akhir (tidak dipublikasikan). Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Rochaety, Eti, Ridwan Z., Faizal dan Setyowati, Tupi. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Stanley E. Portny, PMP. (2010). Project Management For Dummies. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing Inc.

Widodo, Prabowo Pudjo dan Heriawati. (2011). Menggunakan UML. Bandung: Penerbit Informatika.

Witasari, Erlina. (2014). Aplikasi Manajemen Proyek Berbasis Web. Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul.

Tavri D. Mahyusir. (1989). Analisa Perancangan Sistem Pengolahan Data. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yourdon Edward. (1989). Modern Structur Analisis. Prentice-Hall,Inc.




DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v12i1.1579

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats