PENGEMBANGAN WEB PENJUALAN & LAYANAN PRODUK MITRA BERBASIS SOA SEBAGAI PENYEDIA SERVICE MITRA (STUDI KASUS SOBATH COLLECTION & MITRA RAMAYANA - ROBINSON)

Kartini Kartini

Sari


Abstrak

Untuk mengembangkan aplikasi sesuai dengan teknologi informasi yang ada, sangat sulit dan mahal serta membutuhkan waktu yang lama dikarenakan adanya perbedaan platform antar aplikasi serta keterbatasan akses dalam server demi keamanan server itu sendiri. Sobath Collection memiliki banyak mitra yang menjual produknya. Sobath Collection ingin mengembangkan Web Penjualannya menjadi aplikasi yang mampu menyediakan produk bagi aplikasi web penjualan lain (yaitu web penjualan mitra mereka) dengan menggunakan SOA (Service Oriented Architecture). Dalam perancangan SOA pada aplikasi penjualan berbasis web menggunakan metode extreme programming yang terdiri dari tahap Planning, Designing, Writing and Editing Code serta Testing. Apabila hasil telah memenuhi sesuai yang diinginkan pengguna maka implementasi dan maintenance. Dengan SOA, aplikasi Sobat Collection akan mampu mengintegrasikan data antar aplikasi yang berbeda platform dan server dengan menyediakan service-service yang mengenkapsulasi proses-proses yang sudah tersedia.

Kata kunci: SOA, service-service, web,


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Adipradana, Brahmasta. (2008). Penerapan Business Process Management Dalam Service-Oriented Architecture. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Bassil, Youssef. (Februari 2012). Service Oriented Architecture For Weaponry and Battle Command and Control Systems in warfighting. International Journal of Information and Communication Technology Research. 2(2), 185-196

Christian, Joko. (September 2010). Model Data Warehouse Dengan Service Oriented Architecture Untuk Menunjang Sistem Informasi Eskekutif. Jurnal TELEMATIKA MKOM. 2(2), 113-105.

Karatari, Alaedin, dkk. (Oktober 2012). A Service Oriented Security Reference Architecture. International Journal of Advanced Computer Science and Information Technology (IJACSIT). 1(1), 24-31.

Madcoms. (2009). Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver dan PHP-MySQL, Yogyakarta: Andi.

Pungus, Stenly R. (2008). Penerapan Service Oriented Architecture Untuk Pengintegrasian Sisten Informasi Perguruan Tinggi. Bandung: Institut Teknologi Bandung.




DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v12i1.1581

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats