PENERAPAN BUSINESS CONTINUITY PLAN / DISASTER RECOVERY PLAN (BCP/DRP) PADA BUMN DALAM RANGKA SUSTAINABILITY: STUDI KASUS PADA PT.X WILAYAH JAKARTA RAYA

Yulhendri Yulhendri

Sari


Abstrak

Lingkungan Teknologi Informasi (TI) yang dimiliki PT. X Wilayah Jakarta dan Tangerang saat ini bersifat heterogen, terpisah-pisah dan terdiri dari gabungan beberapa sistem yang berdiri sendiri dimana disaat awalnya sistem-sistem tersebut dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari tiap-tiap unit/departemen. Lingkungan ini dapat menimbulkan beberapa permasalahan yang semakin rumit seiring dengan perkembangan kebutuhan masing-masing departemen dan meningkatkan biaya pemeliharaan dan operasi bagi masing-masing sistem. Selain itu infrastruktur yang ada tidak memungkinkan untuk mengakomodasi kebutuhan akan manajemen, keamanan, skalabilitas dan redundancy yang fleksibel yang dapat memberikan jaminan kelangsungan proses bisnis-proses bisnis di PT. X Wilayah Jakarta Raya dan Tangerang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah bagaimana penerapan BCP/DRP yang optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, dimana studi literatur dilakukan terhadap berbagai macam jenis buku, makalah, dan halaman situs internet.Hasil yang berhasil didapatkan adalah tahapan-tahapan metode pembangunan Disaster Recovery Planning yang meliputi Risk Assessment, Priority Assessment, Recovery Strategy Selection, dan Plan Documenting. Proses pengembangan Disaster Recovery Planning pada intinya meliputi dua poin yaitu perencanaan keberlanjutan pemrosesan data dan pemeliharaan rencana pemulihan data. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan konsep dasar mengenai penerapan DRP dapat dipahami dengan baik dan selanjutnya dapat dikembangkan dengan penyesuaian di lapangan.

Kata kunci: Proses pengembangan, business continuity plan, disaster recovery planning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Kusmayadi. (2010). Perancangan Business Continuity Plan: Studi Kasus PT. X. Laporan Proyek Akhir Program Magister Teknologi Informasi (Tidak diterbitkan). Fasilkom Universitas Indonesia.

Novianto, Sandra. (2006). Kajian dan Analisis Business Continuity Plan pada Bank XYZ. Laporan Proyek Akhir Program Magister Teknologi Informasi (Tidak diterbitkan). Fasilkom Universitas Indonesia.

Putri, Sila Wiyanti. (2008). Pembangunan Disaster Recovery Plan Untuk Sistem Informasi Manajemen Terintegrasi ITB.

Slamet, K. (2004). Pembentukan Kerangka Kerja Business Continuity Plan pada Bank Ritel X. Laporan Proyek Akhir Program Magister Teknologi Informasi (Tidak diterbitkan). Fasilkom Universitas Indonesia.

Sharing Vision. (2008). Business Continuity and Disaster Recovery Trend and Issue in Indonesia 2008. Workshop SharingVision. Bandung. Diakses dari http://www.sharingvision.biz

Solehudin, Usep. (2005). Business Continuity and Disaster Recovery Plan.

Weblog]. Diakses dari http://s.itb.ac.id/home/[email protected]/Magister%20Informatika%20ITB/TA051Studi%20kasus.pdf.

Weblog]. Diakses dari http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/MTIKeamanan-Sistem-Informasi/2005/128/128P-08final2.0business-continuity-and-disaster recovery-plan.pdf.




DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v12i1.1584

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats