MODEL KERANGKA PEMIKIRAN SEBAGAI UPAYA KELAYAKAN TULISAN TUGAS AKHIR

Malabay Malabay

Sari


Abstract

Final Task Writing is the most important part of learning terminals whose initial understanding is to attempt to fully explain the integrated topic area among the topics chosen, why do they? and the formulation and purpose written. Unfortunately, not many final assignments succeeded in making background and topic issues diusungnya well, in part because some of the problems include the vagueness and ridicule, partly due to copy-paste factors of certain paragraphs of writing so that the flow of paragraphs to be less good , partly due to lack of equipped with the basis of several reasons on the release (less diligent reading libraries). The method used is to use qualitative descriptive for the needs of exposure feasibility analysis and design of information systems. Referring to the background and the methods used then generated an understanding strategy in the model that is expected to provide benefits, to help realize the ease and feasibility of a decent final tome.


Keywords: model, thinking framework, feasibility

 

 

Abstrak

Pemasalahan Tulisan Tugas Akhir adalah bagian terpenting dalam terminal pembelajaran yang awal pemahamannya adalah berupaya menjelaskan secara lengkap topik (subject area) yang terintegrasi diantaranya pada masalah topik yang dipilih, mengapa melakukan tulisan tersebut ? dan rumusan dan tujuan yang dituliskan. Sayangnya, tidak banyak tulisan tugas akhir berhasil membuat latar belakang dan masalah topic yang diusungnya dengan baik, sebagian karena beberapa masalah diantaranya adalah ketidak jelasan dan mengada-ada, sebagian lagi disebabkan faktor copy-paste dari beberapa paragraph tulisan tertentu sehingga alur paragraph menjadi kurang baik, sebagian lagi disebabkan kurang dilengkapi dengan landasan beberapa alasan pada tilisan (kurang rajin membaca pustaka). Metode yang digunakan adalah menggunakan kualitatif deskriptif untuk kebutuhan paparan kelayakan  analisis dan perancangan sistem informasinya. Mengacu pada latar belakang dan metode yang digunakan maka dihasilkan suatu strategi pemahaman dalam model yang diharapkan dapat memberikan manfaat, untuk membantu mewujudkan kemudahan dan kelayakan suatu Tulisan Tugas Akhir yang layak.

 

Kata kunci : model, kerangka pemikiran, kelayakan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Bungin,Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya, Kencana, Prenada Media Group, Jakarta.

Creswell, John W. (2010). Research Design Pendekatan, Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Cetakan I, Pustaka Pelajar,Yogyakarta.

Hanif, Al Fatta. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

HM, Jogiyanto. (2009). Analisis dan Desain, Andi Offset, Yogyakarta.

Malabay. (2006). Laporan Penelitian Dosen Muda: Modifikasi Pemodelan Piramida Rekayasa Informasi Untuk Peningkatan Efektifitas Proses Belajar dan Mengajar Aktif Di Perguruan Tinggi ,Fakultas teknologi Informasi, Universitas YARSI, Jakarta.

Pressman, Roger S. (2001). Software Engineering, a Practitioner's Approach, McGraw Hill




DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v2i1.2137

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats