RANCANG BANGUN e-COMMERCE MALL CIPUTRA MULTI-TIER TERINTEGRASI MULTI-MITRA

Kartini Musa, Popong Setiawati

Sari


Sekarang ini, teknologi internet sudah menjadi kebutuhan manusia dalam melakukan activitasnya. Manusia dapat dengan mudah memperoleh dan menyampaikan berbagai informasi yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja. Seiring dengan itu banyak bisnis online bermunculan. Salah satunya elektronik Commerce yang disebut e-Commerce. Banyak customer, suplayer memiliki handphone celular pribadi yang terhubung ke internet yang merupakan fasilitas utama untuk bertransaksi online, dan sudah menjadi trend bagi masarakat untuk mengakses dunia maya guna mencari berbagai informasi dan kebutuhan lainya. Para pebisnis memanfaatkan hal ini berlomba-lomba membangun e-Commerce bisnisnya di internet, untuk dapat menjaring customer atau pelanggan sebanyak mungkin dan sebaik mungkin. Hal inilah yang melandasi penelitian yang berjudul Rancang Bangun e-Commerce Mall Ciputra multi-tier terintegrasi multi-mitra. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi pustaka, studi banding website penjualan (e-Commerce) yang ada di internet dan dokumentasi jurnal-jurnal terkait. Serta observasi langsung, melakukan wawancara dengan beberapa pelanggan, toko-toko (pertokoan) Mall Ciputra Jakarta. e-Commerce dibangun menggunakan metode Linear Sequential Model. Yang perancangan sistemnya menggunakan UML, dan pembuatan sistemnya dengan PHP, JavaScript, HTML dan databasenya MySQL. Hal ini memberikan masukan mengenai e-Commerce yang akan dibangun. Output e-Commerce ini nantinya dapat memberikan kontribusi terhadap pengguna (mitra, supliayer dan customer) di internet mereka dapat melakukan order dan transaksi di mana saja dan kapan saja.
Kata Kunci : multi-tier, terintegrasi multi mitra, linear sequential model


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andi. (2009). Membangun Sistem infprmasi dan Jaringan Komputer, Yogyakarta, Andi Offset.

Elearning. gunadarma, (11 September 2010) http://elearning.gunadarma.ac.id/ docmodul/ modul_introduction e-Commerce/d.BAB%20I-Pengertian%20E-Commerce.pdf.

Fasilkom. narotama, (10 April 2012). KnowledgeSharingProgram-jQuerybasic(2010)&MID5 http://fasilkom.narotama.ac.id/ebook_ksp_jQuery.pdf. MID5.pdf.

Heywood,D. (1997). Konsep dan penerapan Microsoft TCP/IP,Yogyakarta, And1 Offset.

Library. binus, (11 September 2012). Arsitektur N-tier,http://library. binus.ac.id/eColls/ eThesis/Bab2/ 2008-1-00360-SI%20Bab2.pdf.

Munawar. (2005). Pemodelan Visual dengan UML, Yogyakarta, Graha Ilmu.

Rainer A. Sommer, Thomas R Gulledge dan David Bailey. (2010). "The n-Tier Hub Technologi", Enterprise Engineering Laboratory George Mason University.

Repository.usu, (25 Mare 2012). Xampp, http:// repository.usu.ac.id/bitstream/ Chapter%20II.pdf.

SMK pgri3-mlg,(31Mei2012). WebServices http://smkpgri3-mlg.sch.id/e-lib/RPL /Mobile%20 Programming /modul8.pdf.

Steven Kaplan, Mohanbir Sawhney. (2002). "The Emerging Landscape of Business to Business E–Commerce Businesszâ€. Magazine September.

Sutarman. (2005). Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MYSQL, Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v2i02.2189

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats