IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) DENGAN METODE CBC (CHIPER BLOCK CHAINING) DAN PENGECEKAN ERROR DETECTION CYCLIC REDUNDANCY CHECK

Warkim Warkim, Irvan Lewelusa

Sari


Keamanan data atau informasi merupakan aspek yang sangat penting agar terjamin kerasahasiaan dan keaslian suatu data atau informasi. Kriptografi merupakan salah satu solusi dalam pengamanan data atau informasi agar informasi sampai kepada yang berhak menerima. Algoritma kriptografi  yang digunakan dalam pengamanan data yang baik yaitu dengan menggunakan metode AES (Advanced Encryption Standard) merupakan algoritma kriptografi simetrik yang memproses blok data 128 bit dengan panjang kunci 128 bit (AES 128), 192 bit (AES 192) atau 256 bit (AES 256). Metode yang diterapkan pada algoritma kriptografi penyandian blok AES ini adalah metode CBC (Chiper Block Chaining) dengan melakukan pengecekan error detection. Implementasi kriptografi   AES ini menggunakan key berukuran 16 bit sehingga jika dihitung possible key kombinasi ada sekitar 65.536 key kombinasi yang artinya jika dilakukan brute force maka effort-nya akan cukup mudah untuk di crack. Dalam pengecekan error detection cyclic reduncancy check digunakan untuk mengecek integrity dari sebuah data, dimana data kemungkinan corrup sehingga ada bit-bit yang hilang pada saat di transmisikan pada jaringan.

 

Kata kunci : kriptografi, AES, error detection

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfred J. Menezes, Paul C. van Oorschot and Scott A. Vanstone, “Handbook of Applied Cryptography (5th Printing)†CRC Press, 2001.

Arius, Dhony. “Kriptografi Keamanan Data dan Komuikasiâ€, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2008.

Munir, Rinaldi. “Kriptografiâ€, Informatika, Bandung, 2006.

Rifki, Sadikin. “Kriptografi dan Keamanan Jaringanâ€, Edisi Pertama, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2012




DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v11i2.2233

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats