Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Kemasan Produk

Eva Faja Ripanti

Sari


Tidak dapat disangkal lagi perkembangan teknologi informasi dan komputer yang sedemikian pesat telah mengubah cara manusia dalam memecahkan permasalahan yang dihadapinya, baik permasalahan yang bersifat semi terstruktur maupun tidak terstruktur. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan salah satu Sistem Informasi berbasis komputer yang dirancang untuk membantu pengambil keputusan dalam memecahkan berbagai permasalahan begitu pula dalam pengambilan keputusan untuk menentukan kemasan produk, karena peranan kemasan bagi suatu produk, tidak hanya sekedar wadah atau pembungkus sebagai pelindung produk tersebut, tetapi lebih dari itu peranan kemasan menjadi lebih penting, karena kemasan tersebut merupakan suatu pemenuhan kebutuhan akibat adanya hubungan interaksi produsen dengan masyarakat pembeli atau konsumen. Untuk itu maka fungsi kemasan harus dapat menjembatani antara kepentingan produsen dan konsumen sehingga bentuk kemasan disamping harus menarik juga dapat berfungsi untuk menyampaikan keterangan dan pesan-pesan dari produk itu sendiri.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Kemasan Produk

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari, 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Daihani, Dadan Umar, 2001. Komputerisasi Pengambilan Keputusan, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Marimin, 2004. Kriteria Majemuk : Pengambilan Keputusan, Grasindo, Jakarta.

Suryadi, Kadarsyah dan Ali Ramdhani, 2002. Sistem Pendukung Keputusan, Rosda, Bandung.

Turban, Efraim, 1995. Dicision Support and Expert System : Management support system, 4 th edition, Prentice Hall, New Jersey.

Triyana. D. Alex, 1985. Menerakan Strategi Marketing di Indonesia : Marketing Seminars, Jakrata.




DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v3i1.403

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats