Analisis Kebutuhan Pengguna Untuk Mendukung Ketepatan Dan Kecepatan Proses Pelayanan Santunan (Studi Kasus PT XYZ)

Riya Widayanti

Sari


Semua organisasi baik yang berorientasi pada laba maupun nirlaba, dituntut untuk beroperasi secara efisien dan efektif agar dapat terus bertahan, berkembang dan bersaing. Globalisasi juga menyebabkan orientasi organisasi bergeser dari fokus terhadap produk menjadi fokus pada pelanggan, sehingga pelayanan dan kepuasan konsumen menjadi hal yang penting. Pada gilirannya, kualitas produk dan jasa menjadi fokus perhatian manajemen agar dapat bersaing terutama di pasar global. Organisasi perlu terus mengubah proses bisnisnya menjadi lebih efisien untuk meningkatkan kualitas produk, layanan, dan operasional mereka. PT XYZ (PERSERO) telah menentukan obyektif bisnis untuk masa periode mendatang yang tertuang dalam balance score card perusahaan. Obyek bisnis yang telah diidentifikasi terkait dengan pengembangan peningkatan proses bisnis internal seperti pencapaian keunggulan proses (Proses Excellence), kepemilikan SOP yang baku dan berbasis komputer, dan memiliki kecepatan proses pelayanan dengan target pemenuhan pelayanan adalah 1 hari untuk premi dan 1 hari untuk santunan. Dalam upaya meningkatkan pelayanan dan perlindungan yang memuaskan kepada masyarakat terutama para korban/ahli waris korban sebagai akibat kecelakaan, maka  ingin diadakan penelitian yang ditujukan pada kebutuhan pengguna untuk ketepatan dan kecepatan dalam proses pelayanan kepada masyarakat serta pengambilan keputusan, berkaitan dengan aplikasi sistem pelayanan. Kebutuhan Pengguna pada Sistem Pelayanan Santunan tanpa menghubungkannya dengan proses bisnis lainnya.

Kata Kunci: User requirement, Metodologi QDF, pelayanan, proses bisnis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Burlton, Roger T, â€Business Process Manage-ment: Profiting from Processâ€, SAMS, Indiana Polis, 2001.

Jacka, J.M. dan P.J. Keller, â€Business Process Mapping: Improving Customer Satisfac-tionâ€, John Wiley & Sons, Inc, New York, 2002.

Laudon, Kenneth C, dan Jeane P. Laudon, â€Management Information Systems, Managing The Digital Firmâ€, 7th Edi-tion, Prentice Hall, New Jersey, 2002.

Paul Harmon, “Business Process Change: A Manager's Guide to Improving, Rede-signing, and Automating Processesâ€, Morgan Kaufmann Publishers, San Fransisco, 2003.

Porter, Michael E, “Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitorsâ€, Free Press, New York, 1998.

Proforma Corp, “User Guide: Discrete Event Simulator, Manage Process Change using ProVision WorkbenchTMâ€, Profor-ma Corp, Michigan, 2002.

____________, “User Guide Documentation: Using the EnterprisePro Modelers, Enterprise Modeling in ProVisionâ€, Proforma Corp, Michigan, 2003.

____________, “Visual Modeling with ProVision: Creating and Modeling in ProVision v.4.3â€, Proforma Corp, Michigan, 2003.

PT XYZ, “Buku I Rencana Jangka Panjang Tahun Buku 2004 – 2008â€, Penerbit Divisi Pelayanan Kantor Pusat PT. XYZ (PERSERO), Jakarta, 2004.

_________,“Dokumen Sistem Prosedur Operasional Pelayananâ€, Penerbit Divisi Pelayanan Kantor Pusat PT. XYZ (PERSERO), Jakarta, 2004.

_________,“Buku Manual Administrasi Bidang Pelayananâ€, Penerbit Divisi Pelayanan Kantor Pusat PT XYZ (PERSERO), Jakarta, 2004.

__________,â€Dokumen Rencana Mutu Cabang Jakartaâ€, Penerbit PT. XYZ (PERSERO), Jakarta, 2004.




DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v6i1.451

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats