Penilaian Kematangan Tata Kelola TI Pada Layanan Teknologi Informasi
Sari
Peranan teknologi memberikan dampak dan pengaruh yang luar biasa dalam peranannya menyediakan informasi dalam pengambilan keputusan. Investasi teknologi informasi terkadang tidak memperhatikan nilai tambah yang akan diberikan, untuk itu perlu dilakukan kematangan tata kelola teknologi informasi pada layanan TI. Sehingga nantinya memberikan masukan dan rekomendasi guna perbaikan proses layanannya. Kerangka COBIT merupakan kerangka yang lengkap untuk membantu organisasi melakukan perencanaan, pelaksanaan, monitor dan evaluasi teknologi informasi. Untuk itu dilakukan tahapan penelitian dengan memetakan tujuan bisnis ke dalam tujuan IT yang berkaitan langsung dengan proses layanan teknologi Informasi. Domain yang berkaitan dengan pemetaan tujuan TI pada proses layanan adalah DS 3, DS 8, DS 13.
Kata kunci: tata kelola, layanan TI, COBITTeks Lengkap:
PDFReferensi
Anonim, Board Briefing on IT Governance 2nd Edition, The IT Governance Institute, USA, 2008, Di akses 01/11/2011.
----------, COBIT 4.1, The IT Governance Institute, USA, 2008, Di akses 01/11/2011.
----------, IT Governance and Process Maturity, The IT Governance Institute, USA, 2008, Di akses 01/11/2011.
Gondodiyoto, S. Audit Sistem Informasi. PT Mitra Wacana Media : Jakarta. 2007
S.Afr.J.Bus. Manage, The Board and IT Governance : The what, who and how, 2010, 41(3).
Sarno, Riyanarto. Audit Sistem dan Teknologi Informasi. ITS Press : Surabaya, 2009.
Surendro, Krisdanto. Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi. Bandung : Penerbit Informatika. 2009.
DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v9i2.499
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
VISITOR COUNTER:
View My Stats