INTEGRASI INFORMASI PENGGUNA DENGAN GOOGLE PLUS PADA WEBSITE BERBASIS YII FRAMEWORK

Untung Rahardja, Qurotul Aini, Nuke Puji Lestari Santoso

Sari


Pada umumnya setiap sistem penunjang perkuliahan yang ada di Perguruan Tinggi  memiliki informasi identitas mahasiswa dalam setiap sistemnya, misalnya foto profile, nama, nim (Nomor Induk Mahasiswa), dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan sistem. Namun, dalam website PenA (Penilaian Absensi) hanya terdapat nama dan status Pribadi Raharja saja. Dalam penelitian ini, teridentifikasi 2 (dua) permasalahan yaitu identitas user berupa foto profile pada sistem PenA . Identitas user selain nama dan status akan terlihat lebih baik dengan adanya foto profile mahasiswa/Pribadi Raharja. Penyelesaian masalah tersebut adalah dengan adanya integrasi Google+ pada sistem PenA agar terdapat foto profile yang sama. Rinfo+ ini adalah aplikasi menggunakan platform google yang berintegrasi dengan Rinfo. Integrasi Rinfo+ dengan PenA yang berbasis yii framework menggunakan teknologi Google API . Selain itu integrasi ini akan lebih efektif hanya dengan mengganti foto profile pada Rinfo+. Dengan adanya integrasi ini diharapkan agar foto profile pada sistem PenA dijadikan sebagai identitas user yang lebih akurat bagi mahasiswa serta memberikan visual yang lebih menarik pada website PenA . Sistem PenA menggunakan Yii Framework yang memiliki tingkat keamanan cukup baik dalam masalah keamanan serta ringan dalam mengembangkan aplikasi web.

 

 

Kata kunciPenA, foto profile, Google+ , Rinfo+


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini, Q., Graha, Y.I. and Zuliana, S.R., 2017. Penerapan Absensi QRCode Mahasiswa Bimbingan Belajar pada Website berbasis YII Framework. SISFOTENIKA, 7(2), pp.207-218.

Amri, M.S., 2011. Membangun sistem navigasi di Surabaya menggunakan google maps API. Jurnal Teknik Informatika. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Surabaya.

Arya, I. and Singh, V.P., 2015. Document and entity centric analysis of Google+ activity data (Doctoral dissertation)

Atan, S.S. and Badusah, J., 2016. Aplikasi Rangkaian Sosial Google Plus dalam Pengajaran dan Pembelajaran Komponen Sastera. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu, 3(1), pp.31-41.

Google Inc., “Google+ API”, online https://developers.google.com/+/web/api/rest/ . (Diakses pada tanggal 23 Oktober 2017)

Google Inc., “OAuth 2.0 for Client-side Web Applications “, online at https://developers.google.com/+/domains/authentication/ (Diakses pada tanggal 23 Oktober 2017)

Han, J., Pei, J. and Kamber, M., 2011. Data mining: concepts and techniques. Elsevier.

Junus, M., 2012. Sistem Pelacakan Posisi Kendaraan Dengan Teknologi GPS & GPRS Berbasis Web. Jurnal Eltek, 10(02)

Rahardja, U., Fadillah, I. and Lestari, W., 2017, August. Penggunaan System Single Sign On (Sso) Dalam Mendukung Kemajuanpada Forum Rhjfox Di Perguruan Tinggi Raharja. In SISITI: Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (Vol. 5, No. 1).

Rahardja, U., Tiara, K. and Wijaya, R.I.T., 2014. Penerapan Rinfo Sebagai Media Pendukung Untuk Proses Pembelajaran Pada Perguruan Tinggi Raharja. Jurnal CCIT, 8(1).

Reza, N.F.F., 2013. Integrasi Teknologi Google Earth dan Flash dalam Penyajian Sistem Informasi Sekolah SMA dan SMK di Kota Salatiga (Doctoral dissertation, Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW).

Rizky. Cara Upload Sampul Paper Pada PESSTA+ Menggunakan Rinfo+. Retrieved from http://iran.ilearning.me/2016/03/02/cara-upload-sampul-paper-pada-pessta-menggunakan-rinfo/ . (Diakses pada tanggal 24 Oktober 2017)

Sumiari, N.K., 2016. Pemanfaatan Google API untuk Model Interoperability Web Berbasis PHP dengan Google Drive. Jurnal Sistem dan Informatika, 10(1).

Togias, K. and Kameas, A., 2012. An Ontology-based reperesentation of the Google+ API. In Proc., The Third International Conference on Models and Ontology-based Design of Protocols, Architectures and Services MOPAS (pp. 15-20).

Warsito, A.B., Handayani, I. and Putri, N.E., integrasi data karya ilmiah pada website widuri. Raharja. Info ke dalam website raharja. ac. id




DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v7i01.5814

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe