IMPLEMENTASI NETWORK ACCESS CONTROL MENGGUNAKAN PLATFORM FORESCOUT DI PT. XYZ

Muhamad Hadi Arfian

Sari


Teknologi jaringan adalah sebuah sistem yang dibuat untuk memudahkan manusia untuk terhubung satu sama lain. Pada era globalisasi saat ini sistem jaringan merupakan sebuah aset yang sangat vital yang perlu dilindungi. Semua informasi dalam hal ini adalah data perusahaan, dapat diakses dengan mudah melalui sistem jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam mengamankan sistem jaringannya. Membangun Network Access Control (NAC) dengan menggunakan platform forescout akan memudahkan seorang network administrator dalam mengontrol dan memonitoring kondisi jaringan di PT. XYZ dengan mudah. Fitur policy pada platform forescout ini mengkombinasikan berbagai macam kondisi untuk keamanan jaringan seperti menyortir jenis perangkat yang terhubung ke sistem jaringan, menutup paksa aplikasi yang termasuk didalam blacklist, menghidupkan antivirus yang tidak aktif dan sebagainya. Pengujian sistem mendapat hasil yang bagus berupa ditutupnya secara paksa aplikasi yang termasuk didalam blacklist. Penulis menggunakan metode Network Development Life Cycle (NDLC) melalui beberapa tahapan yakni Analysis, Design, Simulation, Implementation, Monitoring dan Management.

 

Kata Kunci: NAC, Forescout, NDLC


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chapple, M., Stewart, G.M., Gibson, D. (2018). CISSP® Certified Information Systems Security Professional Official Study Guide. Eighth Edition. Sybex.

Damara, S.R. (2020). Analisis dan Implementasi Kontrol Akses Jaringan dan Kebijakan pada PT. Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk Menggunakan Sistem Genian NAC. Jurnal Ilmiah Komputasi, vol.19 (no.3). 373-381.

Lammle, T. (2004). CCNA™: Cisco® Certified Network Associate Study Guide. Sybex.

Schmidt, W. (2018). A Comprehensive Beginners Guide to Learn About The CompTIA Network+ Certification from A-Z. Independen Publisher.

Syani, M., Mahestro, R., Tresna, Firdaus, E.A., Nugraha, F.F. (2022). Penerapan Network Access Control Autentikasi Internal Network Security Protokol 802.1x. Jurnal Nuansa Informatika, vol.16 (no.2). 77-86




DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v7i01.5816

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe