IMPLEMENTASI FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DALAM PENILAIAN KINERJA PENYULUH PERTANIAN

Dewi Suranti, Mohamad Ikhsan

Sari


Dalam rangka membangun sumber daya manusia pertanian yang berkualitas dan handal, diperlukan Penyuluh Pertanian yang profesional, kreatif, inovatif dan berwawasan global dalam penyelenggaraan penyuluhan yang produktif, efektif dan efisien. Penyuluh Pertanian diarahkan untuk melaksanakan tugas pendampingan dan konsultasi bagi pelaku utama dan pelaku usaha dalam mengembangkan usaha agribisnisnya, sehingga adopsi teknologi tepat guna dapat berjalan dengan baik dan pada gilirannya meningkatkan pemberdayaan pelaku utama, produksi, produktivitas, pendapatan dan kesejahteraan petani beserta keluarganya. Kinerja penyuluh pertanian secara garis besarnya dapat dilihat pada aspek persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan, pengembangan penyuluhan pertanian dan pengembangan profesi penyuluh pertanian. Selain itu, Program penyuluhan pertanian harus berlandaskan pada analisis kebutuhan petani dan mencerminkan kondisi khalayak sasaran saat ini. Menerapkan Fuzzy Simple Additive Wighted dalam penilaian kinerja penyuluh pertanian di BP3K bertujuan untuk mengetahui kinerja penyuluh pertanian dalam menyelenggarakan penyuluhan di UPT BPP Sukaraja. Hal ini dikarenakan kurangnya tenaga penyuluh di BP3K Sukaraja. Hasil dari penilaian yang dihasilkan berupa ranking kinerja kerja dari setiap penyuluh. Sisem pendukung keputusan yang dibangun memberikan kemudahan BP3K dalam melakukan penilaian kinerja penyuluh yang akurat sesuai dengan program serta rencana kerja yang telah dibuat dan dilakasanakan oleh penyuluh pertanian baik pada tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi maupun pengembangan diri secara propofesional.

Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Simple Addtive Wighted, Kinerja Penyuluh


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2006. Kompetensi Penyuluh dalam Pengembangkan Modal Usaha Kecil di Bidang Pertanian. http://respository.ipb.ac.id. Diakses pada tanggal 10 Maret 2015.Bengkulu.

Krisnadhi, H dan S, Budi.2012.”Penilaian Kinerja Karyawan di Ifun Jaya Textile dengan Metode Fuzzy Simple addtive Weighted”.Jurnal Ilmiah ICTech Vol.x No.1.

Kusumadewi, S. 2006.Fuzzy Multi-Attribute decision Making Yogyakarta, Graha ilmu.

Kusumadewi,S dan S, Hartati, “Fuzzy Multi Attribute Decision Making (Fuzzy-MADM”, Penerbit Andi, Sistem Teknologi informasi , Andi Yogyakarta, 2006.

Manik. 2015.”Sistem Pendukung Keputusan Menentukan tenaga Pengajar pada Sekolah Luar Biasa(SLB) dengan menggunakan Metode Simple Addtive Weighting(SAW)”.Pelita Informatika Budi Darma.Volume IX.ISSN 2301-9425

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 91/Permentan/OT.140/9/2013

Sutujo T, Kecerdasan Buatan, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.

Widayanto. 2010. “Kompetensi dan Kinerja Penyuluh Pertanian Pada Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Kendari”.




DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v7i01.5817

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe