DIGITALISASI UMKM DENGAN MEMBANGUN APLIKASI E-COMMERCE MODEL BUSINESS TO CONSUMER (B2C) (STUDI KASUS: TOKO BALGIS CAKE)

Zidan Daffa, Anik Hanifatul Azizah, Budi Tjahjono

Sari


Toko Balgis Cake adalah salah satu usaha mikro kecil menengah (UMKM) bergerak di bidang penjualan produk makanan dan masakan olahan. Selama proses penjualan yang dilakukan oleh pihak Balgis & Cake Frozen, terdapat beberapa permasalahan yang terjadi diantaranya proses jual beli masih dilakukan secara konvensional, dimana customer datang mengunjungi toko untuk melakukan pembelian secara manual sehingga pihak toko tidak dapat memfasilitasi customer yang tidak dapat datang langsung ke toko untuk melakukan transaksi pembelian. Jika dilihat dari segi pemasaran jaringan penjualan produknya hanya mencakup daerah sekitar kota Cirebon saja. Untuk mengatasi permasalahan diatas, maka penulis mengusulkan sebuah aplikasi e-commerce model business to consumer berbasis website yang dapat memudahkan customer dalam membeli produk yang dijual dan dapat meningkatkan pelayanan serta promosi pada Toko Balgis Cake. Metode dalam pengembangan aplikasi e-commerce yang digunakan adalah metode Prototype dan Pengujian perangkat lunak dilakukan dengan pengujian Blackbox. Aplikasi yang dibangun berbasis website menggunakan framework laravel dengan bahasa pemrograman PHP, untuk penyimpanan data pada website menggunakan MySQL.

 

Kata Kunci : Digitalisasi, Usaha Mikro Kecil, E-Commerce, Prototype, UMKM


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v7i02.6137

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats