SIMULASI SISTEM ANTRIAN PELAYANAN IMUNISASI DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PKM) PANONGAN KABUPATEN TANGERANG

Badie Uddin, Azahra Syahiradania, Haziro Ulfa, Sri Anjani Susanto

Sari


Antrian adalah aktivitas dengan beberapa orang atau barang yang membentuk suatu garis tunggu menunggu untuk dilayani. Jika pelayanan tidak berjalan dengan baik hal tersebut akan menyebabkan terjadinya penurunan keuntungan yang akan didapat perusahaan.  Salah satu tempat yang tidak luput dari antrian adalah Pelayanan Imunisasi di PKM Panongan Kabupaten Tangerang. Tingginya permintaan akan pelayanan imunisasi dan kurangnya tenaga yang melayani pasien menyebabkan munculnya antrian yang dapat mempengaruhi pasien lain untuk tidak melakukan pelayanan imunisasi. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu metode analisis yang dapat digunakan untuk mengurangi waktu tunggu dalam antrian. Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui dan mensimulasikan model antrian pada Pelayanan Imunisasi di PKM Panongan Kabupaten Tangerang. Metode simulasi dilakukan untuk menggambarkan kegiatan antrian pelayanan sesuai sistem nyata dengan periode waktu tertentu. Hasil diperoleh bahwa antrian yang terjadi harus diminimalisir dan dapat diminimalisir dengan dilakukan penambahan jumlah server atau jumlah pelayan sebab jika tidak diminimalisir antrian dapat menyebabkan terjadinya penurunan keuntungan serta value yang akan didapat PKM Panongan.

 

Kata kunci : PKM Panongan, Pelayanan pasien, Imunisasi, Sistem Antrian

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v6i01.6365

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats