IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING PADA DESAIN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) WEBSITE EDUCATION MARKETPLACE

Diah Aryani, Pas Mahyu Akhirianto, Fathinatul Husnah, Kartini Kartini, Popong Setiawati

Sari


Usaha Mikro Kecil dan Menenggah (UMKM) merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia sebagai penyumbang Prodok Domestik Broro (PDB) sejumlah lebih dari 60% Jumlah UMKM di Indonesia tahun 2021 dari keseluruhan sektor usaha namun pada era digital seperti sekarang ini masyarakat sangat di fasilitasi dalam memenuhi sesuatu kebutuhan yang mereka perlukan diantaranya pada marketplace kita dapat memenuhi segala kebutuhan serta keinginan yang ingin kita miliki. Sehingga hal ini menjadi tantangan UMKM ke depan yang harus diatasi Bersama-sama segenap stakeholders yang salah satunya terkait dengan terkait antara lain berkaitan dengan inovasi dan teknologi, pemerataan pembinaan dan pelatihan untuk mendukung peningkatan daya saing UKM tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain User Interface (UI) dan User Experience (UX) website education marketplace dengan metode Desain Thinking dengan  fitur yang dapat memberikan akses yang lebih mudah dengan program edukasi dan mentoring para pendiri UMKM di Indonesia lebih maju di era digital. Berdasarkan hasil metode Design Thinking berbasis Website pada Education Marketplace diporoleh hasil tes usability testing dengan hasil analisa data SUS diperoleh nilai sebesar 85 maka dirasi dapat membantu dalam menghasilkan sebuah prototype sesuai sesuai Calon pengguna Fitur Kolaborasi Website Education Marketplace.

 

Kata Kunci : User Interface, User Experience, Marketplace, Prototype, Desain Thinking

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v6i02.6426

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats