IMPLEMENTASI SCRUM DALAM PENGEMBANGAN SYSTEM INFORMASI PENCATATAN LAPORAN TUBERCULOSIS

Tony Afriyanto, Noviandi, S.Kom, M.Kom Noviandi, S.Kom, M.Kom

Sari


Pencatatan dan pelaporan Tuberkulosis dilakukan mulai dari fasilitas pelayanan kesehatan dasar seperti Puskesmas yang dilaporkan secara berjenjang ke tingkat kabupaten/kota, provinsi, sampai ke pusat. Selama ini kegiatan pencatatan dan pengolahan data pada puskesmas Pondok Jagung dianggap berjalan kurang optimal, dikarenakan masih dilakukan secara manual oleh pihak puskesmas, dengan mengunjungi satu persatu klinik yang berada di kawasan kerja puskesmas Pondok Jagung, sehingga saat petugas menyusun laporan, mengalami kesulitan karena harus merekap dan mencari kembali data yang akan dibutuhkan. Tujuan penelitian bertujuan untuk melakukan pengembangan sistem pencatatan dan pelaporan untuk memudahkan petugas pukesmas. Sistem ini akan di kembangkan dengan metode scrum, sebuah metode kerangka kerja yang memungkinkan pengembang produk mengetahui di mana produk mereka dapat dikembangkan lebih lanjut hingga mencapai bentuk yang sempurna. Metode ini juga dikenal memiliki kesuksesan yang lebih besar daripada metode-metode terdahulu seperti metode waterfall. Berdasarkan hasil penelitian ini berdasarkan pengujian System Usability Scale mendapatkan Skor rata rata sebesar 85, dapat di simpulkan bahwa hasil mendapatkan grade "A", untuk adjective rating, aplikasi ini berada pada posisi “Excelent” yang mendekati posisi “Best Imaginable”. Hal ini berarti bahwa Website ini memiliki nilai kebergunaan yang baik serta layak di akses oleh penggunan. Namun hal ini menunjukan bahwa perlu adanya pengembangan lagi dalam segi fitur dan dapat di kembangkan kedalam mobile platform

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kementerian Kesehatan RI, “PROFIL KESEHATAN INDONESIA TAHUN 2020,” 2021. Accessed: Jul. 15, 2022. [Online]. Available: http://www.kemkes.go.id

N. Noviandi and S. Syahrudin, “Sistem Informasi Layanan Pengaduan Masalah Pegawai Berbasis Android,” Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), vol. 7, no. 1, pp. 73–81, 2022, doi: 10.30645/jurasik.v7i1.417.

Kementrian Kesehatan RI, PROFIL KESEHATAN INDONESIA TAHUN 2014. 2015. [Online]. Available: http://www.kemkes.go.id

A. Yin, S. Figueiredo, and M. Mira Da Silva, Scrum Maturity Model Validation for IT organizations" roadmap to develop software centered on the client role.

H. R. Suharno, N. Gunantara, and M. Sudarma, “Analisis Penerapan Metode Scrum Pada Sistem Informasi Manajemen Proyek Dalam Industri & Organisasi Digital,” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 19, no. 2, p. 203, Dec. 2020, doi: 10.24843/mite.2020.v19i02.p12.

W. Suharso, B. I. Wicaksono, and G. I. Marthasari, “SATIN-Sains dan Teknologi Informasi Penerapan Scrum dan Algoritma COCOMO Pada Aplikasi Manajemen Proyek Perangkat Lunak,” 2018. [Online]. Available: http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id

K. Schwaber and J. Sutherland, “The Scrum Guide: The Definitive The Rules of the Game,” Scrum.Org and ScrumInc, no. November, p. 19, 2017.

“The Scrum Guide TM The Definitive Guide to Scrum: The Rules of the Game,” 2016. [Online]. Available: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/legalcodeandalsodescribedinsummaryformathttp://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.Byutilizing

A. Bangor, P. Kortum, and J. Miller, “Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale,” 2009.

R. Abdillah, “Pemodelan Uml Untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta,” Jurnal Fasilkom, vol. 11, no. 2, pp. 79–86, 2021, doi: 10.37859/jf.v11i2.2673.

Noviandi and A. N. Rumana, “Implementasi Agile Method untuk Pengembangan Sistem Pembatasan Pengunjung Wisata Berbasis Mobile,” Journal of Information System Research, vol. 4, no. 1, pp. 65–72, 2022, doi: 10.47065/josh.v4i1.2077.

D. Dhining, Y. Rokhayati, and D. E. Kurniawan, “Penerapan Replikasi Data pada Aplikasi Ticketing Menggunakan Slony PostgreSQL,” vol. 1, no. 1, 2017.

S. Chaouch, A. Mejri, and S. A. Ghannouchi, “A framework for risk management in Scrum development process,” in Procedia Computer Science, 2019, vol. 164, pp. 187–192. doi: 10.1016/j.procs.2019.12.171.

J. Brooke, “SUS: A quick and dirty usability scale Display design for fault diagnosis View project Decision Making in General Practice View project,” 1986.

N. Huda, “IMPLEMENTASI METODE USABILITY TESTING DENGAN SYSTEM USABILITY SCALE DALAM PENILAIAN WEBSITE RS SILOAM PALEMBANG,” Jl. A.YaniNo.12,Palembang30624,Indonesia, Feb. 2019. [Online]. Available: www.siloamhospitals.com

J. Brooke, “SUS: a retrospective Display design for fault diagnosis View project SUS: A Retrospective,” 2013.




DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v8i01.6582

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats