Efektivitas Pameran Industri Bahari Dalam Penyebaran Informasi PT Pelni Pada Pengunjung Pameran Tanggal 30 Juni – 1 Juli 2007

Anita Anita, Dani Vardiansyah

Sari


Abstrak

PT PELNI adalah sebuah perusahaan pelayaran yang bergerak di bidang jasa transportasi laut. Berdiri pada tanggal 28 April 1952. Setiap tahun tepatnya setelah Ulang Tahun perusahaan, PT PELNI selalu mengadakan pameran bekerjasama dengan perusahaan transportasi lainnya. Pameran ini diadakan oleh Departemen Perhubungan bagian Penelitian dan Pengembangan setiap tahunnya. PT PELNI sebagai salah satu perusahaan senior terpilih dalam kerjasama ini guna mensosialisasikan peran perusahaan-perusahaan BUMN subsektor perhubungan laut di mata masyarakat. Namun walaupun acara ini sudah diadakan setiap tahun dan usia perusahaan yang sudah lebih dari setengah abad, masih banyak yang belum mengenal keberadaan PT PELNI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas Pameran Industri Bahari dalam penyebaran informasi pada pengunjung pameran yang diadakan di 2 kota besar yaitu Jakarta dan Surabaya. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan pada 30 responden, mayoritas pameran menjawab cukup efektif. Dengan 3 (tiga) indikator yang peneliti buat, secara keseluruhan hasil responden menjawab cukup efektif sebesar 34,2%.

Kata kunci: efektif, pameran, penyebaran informasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Evelina, Lidia. “Event Organizer Pameranâ€, PT Indeks. Jakarta. 2005

Kadir, Abdul. “Pengenalan Sistem Informasiâ€, Penerbit ANDI Offset. Yogyakarta. 2003

Kriyantono, Rachmat. “Teknik Praktis Riset Komunikasiâ€, Penerbit Kencana. Surabaya. 2006

Mantra, Bagoes. “Filsafat Penelitian & Metode Penelitian Sosialâ€, Pustaka Pelajar. Yogyakarta. 2004

Nazir, Mohammad. “Metode Penelitianâ€,Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta. 1988

Rakhmat, Jalaluddin. “Metode Penelitian Komunikasiâ€, PT Remaja Rosdakarya Offset. Bandung. 2004

Rakhmat, Jalaluddin. “Teori Komunikasiâ€, PT Remadja Karya. Bandung. 2006

Rudy, May. “Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Internasionalâ€, PT Refika Aditama. Bandung. 2005

Ruslan, Rosady. “Manajemen Public Relations & Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasiâ€, PT Raja Grasindo Persada. Jakarta. 2003

Ruslan, Rosady. “Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasiâ€, PT Raja Grasindo Persada. Jakarta. 2003

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€, Alfabeta. Bandung. 2006

Yulianita, Neni. “Dasar-Dasar Public Relationsâ€, Pusat Penerbitan Universitas (P2U). 2005

Zain, Muhammad dan Badudu. “Kamus Umum Bahasa Indonesiaâ€, Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.1996


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter