Diplomasi Publik Dalam Membangun Citra Negara

Asep Saefudin Ma’mun

Sari


Abstrak

Diplomasi publik berhubungan dengan upaya memengaruhi sikap publik, meliputi dimensi-dimensi dalam hubungan internasional. Dimensi-dimensi tersebut selain dimensi penanaman opini publik oleh pemerintah kepada masyarakat di negara lain, juga termasuk interaksi kelompok kepentingan suatu negara kepada kelompok kepentingan di negara lain. Dimensi publik sangat memiliki arti dalam suatu perubahan, dan berpengaruh terhadap perilaku diplomasi. Tidak ada masalah besar luar negeri atau inisiatif dalam negeri yang diambil saat ini tanpa pertama-tama diuji oleh opini publik, dan dimensi publik tidak hanya menyangkut opini publik, tetapi juga konsultasi, keterlibatan, dan tindakan publik. Opini publik sangat berhubungan dengan dukungan rakyat terhadap suatu kebijakan negara. Salah satu ciri perbawaan opini publik adalah bahwa rakyat akan kurang melakukan penentangan terhadap keputusan-keputusan yang diambil pimpinan negara, khususnya dalam keadaan krisis apabila dengan cara-cara tertentu mereka merasa diikutsertakan dalam pengambilan keputusan-keputusan tersebut. Hubungan diplomasi publik dengan citra suatu negara adalah, bahwa citra dibangun berdasarkan pengalaman yang dialami suatu bangsa. Citra dapat berubah setiap waktu di saat orang menerima pesan baru. Citra adalah sebuah kesatuan mental atau interpretasi sensual suatu bangsa didasarkan kepada bukti yang tersedia, dikondisikan oleh adanya kesan, kepercayaan, gagasan, dan emosi. Dengan demikian citra yang baik dapat menumbuhkan opini publik yang menguntungkan yang akan menjadi modal utama untuk melaksanakan diplomasi publik yang menguntungkan pula.

Kata kunci: diplomasi publik, sikap publik, citra negara 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Baylis, J. and S. Smith (ed). “The Globalization of World Politics, an Introduction to International Relations”. Second Edition. Oxford University. 2001

Boulding, Kenneth E. “The Image”, The University of Michigan Press and Simultaneously, Toronto Canada. 1961

Cincotta, Howard, 1999. Thought on Public Diplomacy and Integration. Service Jurnal, Selected Article and Resources on Pubnlic Diplomacy. 1999

Cutlip, Scott at all.. “Efective Public Relations”. Terjemahan, PT Indeks Kelompok Gramedia. 2005

Dinh, Tran Van. “Communication and Diplomacy in a Changing World”. Ablex PublishingCorporation Norwood. New Jersey. 1987

Disinfopedia, “Public Diplomacy” Center for Media & Democracy. 2004

Grunig, James, E. et al. “Excellence Public Relations and Communications Management”. Makwah, New Jersey: Laorence Ellbourn Associates Publishers. New Jersey. 1992

Grunig, James E. et al. Excellence Public Relations and Effective Organizations Mahwah, New Jersey, Laorence Ellbourn Associates Publishers. 2002

Hansen, Allen C. “Public Diplomacy in the Computer Age” Praeger Special Studies, Praeger Scientific. New York. 1984

Hun Yun, Seong. “Toward Public Relations Theory Based Study of Public Diplomacy: Testing the Applicability of the Excellence Study”. Journal of Public Relations Research 18. 2006

Jefkins Frank, “Public Relations”, terjemahan. Erlangga Jakarta. 2004

Lippmann, Walter, “Opini Umum” terjemahan, Yayasan Obor Indonesia Jakarta. 1994

Nicolson, Sir Harold, “Diplomacy”, Institute for the Study of Diplomacy,Editio, Washington. 1988

Riordan, Shaun. “Discussion Papers in Diplomacy, Dialog based Public Diplomacy”. A New Foreign Paradigm Clingendael: Netherlands Instututeof International Relations nomor 95. 2004

Roy, S.L. “Diplomasi”, terjemahan. Rajawali Pers Jakarta. 1984

Silih Agung Wasesa, “Strategi Public Relations”. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2005

Snow, Nancy (editor). “Routledge Handbook of Diplomacy”, 270 Madison Avenue New York. 2009

Sola Pool, Itheil de,(editor), “Hand Book of Public Relations”, Rand M. Nally Publishing Company, USA. 1973

Sukawarsini Djelantik. “Diplomasi antara Teori dan Praktek”. Graha Ilmu Yogyakarta. 2008

Theaker, Alison. “The Public Relations Hand Book”, Great Britain: MPG Books Ltd Bodmin. 2004

Wilcox Denis L at all. “Public Relations Strategies and tactics”, Harpers Collins Publishers. 1992

Wiryono, S. “Public Diplomacy: The Selling of a Country”. Loka Karya Nasional Diplomasi Publik 6-7 Desember 2006 Bandung. 2006


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter