Komunikasi Pemasaran Sebagai Strategi Memperluas Pasar

Jatmiko Jatmiko

Sari


Abstract

In marketing communications as a tool not only to make contact relationships with customers and prospects, as well as a marketing communication tool to ensure be associated with a variety of stakeholders in a product. The use of media in a communication process needs to consider the possibility of distortion or constraints that arise. Distortions or obstacles can cause miscommunication conditions, which communicates the message delivered by the deemed to fail because communication gave the rakasi different from that expected by the communicator. They may be caused by a variety of differences in interpretation of the message. Marketing communications more emphasis on direct fulfillment products or services required by consumers. Thus, marketing is always trying to improve the economic exchange relationship between the organization and its customers. Marketing communication has a very important role for the company to perform imaging  on a particular brand. In addition to marketing communications to develop consumer awareness of products / services produced by the company. So that consumers know the product / service being offered, so can stimulate sales. Along with the times, now better known marketing communications integrated marketing communications, which means that a concept of marketing communications planning that recognizes the added value of a comprehensive plan that evaluates the strategic roles of a variety of disciplines such as communication, print-electronic media advertising, direct response, promotions sales, and public relations (public relations) and combines these disciplines to provide clarity, consistency and maximum communication impact. In the expansion of the market through marketing communications through basically a placement company mission or goal-setting organization with an emphasis on the external and internal forces, formulation of policies and strategies to achieve goals and ensure proper implementation, so that the main goals and objectives of the organization as a market expansion step can achieved. Marketing and Public Relations as a marketing communications tool that combines marketing strategy and program execution (Marketing Strategy Implementation) with the activity of PR work program (Work Program of Public Relations), there are three important strategies that can be done is push strategy, pull strategy, pass strategy.

 

Keywords: marketing communication, contact relationship, strategy

  Abstrak

Dalam komunikasi pemasaran tidak saja sebagai alat untuk melakukan kontak hubungan dengan para konsumen dan calon konsumen, komunikasi pemasaran juga sebagai alat untuk menjamin dapat berhubungan dengan berbagai pihak yang berkepentingan terhadap suatu produk. Penggunaan media pada sebuah proses komunikasi perlu mempertimbangkan kemungkinan distorsi atau kendala-kendala yang muncul. Distorsi atau kendala dapat menyebabkan kondisi salah komunikasi (miss communications), dimana pesan yang disampaikan oleh komuniksi dinggap gagal (fail) karena komunikasi meberikan rakasi yang berbeda dari yang diharapkan oleh komunikator. Hal tersebut bisa disebabkan oleh ragam perbedaan penafsiran  atas pesan yang disampaikan. Komunikasi pemasaran lebih menekankan pada pemenuhan secara langsung produk atau jasa yang diperlukan oleh konsumen. Dengan demikian pemasaran senantiasa berupaya untuk meningkatkan hubungan pertukaran ekonomi antara organisasi dan konsumennya. Komunikasi pemasaran mempunyai peran yang sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan pencitraan (image) atas suatu merek tertentu. Selain itu dengan komunikasi pemasaran dapat mengembangkan kesadaran konsumen terhadap produk/jasa yang dihasilkan perusahaan. Sehingga konsumen mengenal produk/jasa yang ditawarkan, dengan begitu dapat merangsang terjadinya penjualan. Seiring dengan perkembangan zaman, kini komunikasi pemasaran lebih dikenal dengan komunikasi pemasaran terpadu, yang artinya suatu konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah dari suatu rencana komprehensif yang mengevaluasi peran strategis dari berbagai disiplin komunikasi misalnya, iklan media cetak-elektronik, respon langsung, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat (public relations) dan menggabungkan berbagai disiplin tersebut guna memberikan kejelasan, konsistensi serta dampak komunikasi yang maksimal.Dalam perluasan pasar melalui melalui komunikasi pemasaran pada dasarnya merupakan penempatan misi perusahaan atau penetapan sasaran organisasi dengan penekanan pada kekuatan eksternal dan internal, perumusan kebijaksanaan dan strategi tertentu untuk mencapai sasaran dan memastikan implementasinya secara tepat, sehingga tujuan dan sasaran utama organisasi sebagai langkah perluasan pasar dapat tercapai. Marketing Public Relations sebagai alat komunikasi pemasaran yang memadukan pelaksanaan program dan strategi pemasaran (Marketing Strategi Implementation) dengan aktivitas program kerja PR (Work Program of Public Relations), terdapat tiga strategi penting yang dapat dilakukan yaitu strategi mendorong (push strategy), strategi menarik (pull strategy),  strategi mempengaruhi (pass strategy).

Kata kunci: komunikasi pemasaran, kontak hubungan, strategi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Abadi & Saka. Marketing Public Relations (Upaya Memenangkan Persaingan Melalui Pemasaran Yang Komunikatif). LMFEUI, Jakarta, 1994.

Ardianto, Elvinaro. Public Relations Suatu Pendekatan Praktis. Pustaka Bani Quraisy, Bandung, 2004.

Ardianto, Elvinaro dan Erdinaya, Lukiati Komala. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.

Bobbit, Randy dan Sullivan, Ruth. Developing the Public Relations Campaign. Pearson Education Inc, USA, 2005.

Brannan, Tom. Integrated Marketing Communications Memadukan Upaya Public Relations, Iklan dan Promosi Untuk Membangun Identitas Merek. Penerbit PPM, Jakarta, 2005.

Duncan, Tom. IMC:Using Advertising and Promotion to Build Brands. The Mc Graw - Hill Companies Inc, New York 2002.

Harris, L.Thomas. The Masketer’s Guide To Public Relations. John Willey da Sonc Inc, New York, 1991.

Jackman, Ann. How To Negotiate: Teknik Sukses Bernegosiasi. Erlangga, Jakarta 1995.

Jefkins, Frank. Public Relations. Edisi Keem pat, Erlangga, Jakarta, 1995.

Kasali, Rhenald. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti, Jakarta, 1994.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. Marketing Management. 13th Edition, Erlangga, Jakarta, 2009.

Kusumastuti, Frida. Dasar-Dasar Humas. Ghalia Indonesia dan UMM Press, Jakarta, 2002.

Lattimore. Public Relations The Profession and The Practice. McGrow-Hill Companies Inc, New York, 2004.

Mahmud, Mahiddin. Hubungan Masyarakat Modul Kesatu. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta, 2004.

Moleong, Lexy. J.. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.

Moore, Frazier. Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.

Partao, Zainal Abidin. Teknik Lobi dan Diplomasi Untuk Insan Public Relations. PT Indeks, Jakarta, 2006.

Pickton, David dan Broderick, Amanda. Integrated Marketing Commuunications. Financial Times Prentice Hall, London, , 2001.

Rakhmat, Jalaluddin. Metode Penelitian Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 1995.

Rifon, Nora. J.. Congruence Effect in Sponsorship: The Mediating Role of Sponsor Credibility and Consumer Attributions of Sponsor Motive. Journal of Advertising, Spring, 2004.

Rumanti, Maria Assumpta. Dasar-Dasar Public Relations, Gramedia Widiasarana, Jakarta, 2002.

Ruslan, Rosady. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1998.

Ruslan, Rosady. Manajemen Humas dan Komunikasi Konsep dan Aplikasi. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta, 2002.

Ruslan, Rosady. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi Edisi Revisi. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2003.

Shimpi, Terence A.. Periklanan dan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasar an Terpadu. Edisi Ke-lima Jilid-1, Erlangga, Jakarta, 2000.

Sulaksana, Uyung. Integrated Marketing Communications Teks dan Kasus. Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2003.

Suradika, H. Agus. Metode Penelitian Sosial. UMJ Press Jakarta, 2000.

Walker, Orville C, dkk.. Marketing Strategy Planning and Implementation Third Edition. Irwin McGraw-Hill, Singapore, 1999.

Yin, Robert K. Studi Kasus (Desain dan Metode). PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2002.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter