Repositioning Kultural dalam Iklan Bank Muammalat Versi Bersama (Kajian Semiotik)

Euis Heryati

Sari


Iklan  televisi  telah menjadi komoditas masyarakat, kehadirannya bahkan telah menjelma menjadi kekuatan baru yang mampu menyulap khalayak untuk secara sukarela melakukan apa yang diinginkan para produsen.ditengah persaingan bisnis dan semakin cerdasnya konsumen sebuah iklan tidak lagi hanya menjanjikan sesuatu yang bombastis tetapi harus konsisten dan terintegrasi  dengan produk dan corporate .untuk itu para kreator iklan memerlukan kreativitas dan ide-ide inovatif sehingga karyanya dapat diterima dengan baik oleh komunikan yang semakin cerdas tadi. Bank muammalat. Lembaga bisnis perbankan dengan berbasis syariah murni ini merupakan bank pertama yang memelopori konsep syariah.tentunya iklan yang harus ditampilkan adalah iklan yang bernuansa islami. Mengingat konsep syariah berasal dari konsep dalam agama islam. Awalnya hampir disetiap iklan Bank muammalat, terlihat jelas  para kreator iklan berupaya dengan sungguh-sungguh untuk meramu cita rasa  bernuansa islami dengan mengangkat  image dan potensi unsur-unsur islam . Akan tetapi dalam iklan versi bersma ini terlihat kecenderungan adanya proses repositioning,yang terrcermin dari simbol dalam iklan yang tidak saja unsur islam lebih dikedepankan tetapi juga unsur ras atau etnis lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  dan menganalisis iklan Televisi  dari Bank Syariah (Muammalat) dengan menggunakan teori semiotika dan mampu menjelaskan makna dibalik strategi kreatif  yang dipilih pada wujud iklan televisi  tersebut.

 

Kata kunci: repositioning, kreativitas, produk


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antoni, Riuhnya Persimpangan itu, Penerbit Tiga Serangkai,Solo,2004

Berger, Arthur Asa, Media Analysisi Techniques, fourth edition, Sage Publications, 2011

Berger ,Peter L. And Thomas Luckmann, The Sosial Construction of Reality, Anchor Books A. Division of Random House, Inc, New York, 1996

Bovee, Courtland L. & John V.Thill, Business Communication Today,Prentice – Hall Inc.Upper Saddle River, New Jersey 0758,1997

Christomy, Tommy dan Untung Yuwono, Semiotika Budaya, Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya, Univ. Indonesia, Jakarta, Depok Cetakan Ke 2, 2010

Danesi, Marcel, Pesan, Tanda dan Makna, Jalasutra, Yogyakarta, 2010

Danesi, Marcel, Pengantar Memahami Semiotika Media, Jalasutra, Yogyakarta,2010

Eco ,Umberto, Teori Semiotika, (signifikansi komunikasi, teori kode serta teori produksi tanda) Terjemahan, Kreasi wacana Offset,2009

Eriyanto, Analysis Framing,Konstruksi, Ideologi dan politik Media, Lkis, 2002

Fiske ,John, Pengantar Ilmu Komunikasi, Edisi Ketiga, Penerjemah Hapsari Dwiningtyas, 2012

John ,Little &Karen Foss,Theories of Human Communication, Cengage Learning, Asia Pte.Ltd. 5 Shenton Way, #01-01 UIC Building, Singapore 068808, 2008

John, Little,Theories of human Communication, Universitas Padjajaran, Bandung; 1992

Kasali ,Rheinald,Manajemen Periklanan,konsep dan aplikasinya di Indonesia, PAU Ekonomi, Universitas Indonesia, Jakarta, 1992.

Kellner, Douglas, Budaya Media,Jalasutra, Yogyakarta, 2010 cetakan ke I

Liliweri ,Alo,MS, Makna Budaya dan Komunikasi Antar Budaya, LKIS Yogyakarta, Cetakan ke II , 2007

Lewis, Richard, Komunikasi Bisnis Lintas Budaya, Remaja Rosda Karya, Bandung, Cetakan Pertama, 2004

Malone,Martin J.,â€Semiotics†dalam David Levinson dan Melvin Ember(eds.) Encyclopedya of Cultural Anthropology Volume 4 New York Henry Holt and Company, 1996

Noviani, Ratna, Jalan Tengah Memahami Iklan Antara Realitas, Representasi dan Simulasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2002

Pawito, Penelitian Komunikasi Kualitatif, LKiS Pelangi Aksara Jogyakarta, 2007

Priyatna, Soeganda &Elvinaro, Tujuh Pilar Komunikasi Bisnis, Widya Padjajaran, Bandung, 2008

Sobur, Alex. Semiotika Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter