Motif dan Pola Menonton Siaran Stasiun TV Swasta Nasional di Kalangan Mahasiswa FIKOM Ubhara Jaya

Sumartono Sumartono

Sari


Tingkat konsumsi isi pesan media (televisi), individu dipengaruhi oleh motif yang melekat dalam diri individu. Motif itu merupakan suatu pengertian yang meliputi semua penggerak, alasan-alasan atau dorongan-dorongan dalam diri manusia yang menyebabkan dia berbuat sesuatu. Untuk menngetahui motif tersebut peneliti akan mengumpulkan  dengan  menggunakan  kuesioner. Data  yang  berhasil  dikumpulkan  selanjutnya  disajikan  dalam  bentuk  tabel frekuensi dan tabel silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola menonton televisi lokal pada mahasiswa FIKOM Ubhara Jaya dalam frekuensi dan durasi menonton masuk kategori rendah. Mayoritas pemirsa memiliki jadwal menonton pada pukul 16.01-20.00 WIB dan menonton jenis program berita. Penelitian ini juga menemukan bahwa ada kecenderungan motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, dan motif   hiburan   memiliki   hubungan   sebab-akibat   atau   mempengaruhi   pola menonton televisi pada maha-siswa FIKOM Ubhara Jaya.

 

Kata kunci: motif menoton, pola menonton, televisi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baskin, Askurifai, “Jurnalistik Televisi: Teori dan Praktikâ€, Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 2006

Burton, Graeme, “Memperbicangkan Televisi: Sebuah Pengantar Kajian Televisiâ€, Terjemahan oleh Laily Rahmawati, Jalasutra, Yogyakarta, 2011

Effendy, Onong Uchjana, “Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasiâ€, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000

Kriyantono, Rachmat, “Teknik Praktis Riset Komunikasiâ€, Kencana, Jakarta, 2009

Liliweri, Alo, “Memahami Peran Komunikasi Massa Dalam Masyarakatâ€, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung, 1991

Littlejohn, Stephen W. & Karen A. Foss, “Teori Komunikasiâ€, terjemahan oleh Mohammad Yusuf Hamdan, Salemba Humanika, Jakarta, 2011

McQuail, Dennis, “Teori komunikasi Massa Suatu Pengantarâ€, Edisi Kedua. Terjemahan oleh Agus Dharma & Aminuddin Ram, Erlangga, Jakarta, 1994

Nurudin, “Pengantar Komunikasi Massaâ€, Rajawali Pers, Jakarta, 2011

Rakhmat Jalaluddin, “Psikologi Komunikasiâ€, Cetakan ke-28, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung, 2012

Rivers, William L. & Jay W. Jensen Theodore Peterson, “Media Massa & Masyarakat Modernâ€, Edisi Kedua, Terjemahan oleh Haris Munandar & Dudy Priatna, Kencana, Jakarta, 2003

Sari, Endang S, “Audience Research: Pengantar Studi Penelitian Terhadap Pembaca, Pendengar dan Pemirsaâ€, Andi Offset, Yogyakarta, 1993

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€, ALFABETA, Bandung, 2011

Zulkarnain, Alex Leo. dkk, “Bercinta Dengan Televisiâ€, PT Remaja Rosda Karya, Bandung, 1997


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter