Motif dan Pola Menonton Siaran Stasiun TV Swasta Nasional di Kalangan Mahasiswa FIKOM Ubhara Jaya
Sari
Tingkat konsumsi isi pesan media (televisi), individu dipengaruhi oleh motif yang melekat dalam diri individu. Motif itu merupakan suatu pengertian yang meliputi semua penggerak, alasan-alasan atau dorongan-dorongan dalam diri manusia yang menyebabkan dia berbuat sesuatu. Untuk menngetahui motif tersebut peneliti akan mengumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan tabel silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola menonton televisi lokal pada mahasiswa FIKOM Ubhara Jaya dalam frekuensi dan durasi menonton masuk kategori rendah. Mayoritas pemirsa memiliki jadwal menonton pada pukul 16.01-20.00 WIB dan menonton jenis program berita. Penelitian ini juga menemukan bahwa ada kecenderungan motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, dan motif  hiburan  memiliki  hubungan  sebab-akibat  atau  mempengaruhi  pola menonton televisi pada maha-siswa FIKOM Ubhara Jaya.
Â
Kata kunci: motif menoton, pola menonton, televisi
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Baskin, Askurifai, “Jurnalistik Televisi: Teori dan Praktikâ€, Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 2006
Burton, Graeme, “Memperbicangkan Televisi: Sebuah Pengantar Kajian Televisiâ€, Terjemahan oleh Laily Rahmawati, Jalasutra, Yogyakarta, 2011
Effendy, Onong Uchjana, “Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasiâ€, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000
Kriyantono, Rachmat, “Teknik Praktis Riset Komunikasiâ€, Kencana, Jakarta, 2009
Liliweri, Alo, “Memahami Peran Komunikasi Massa Dalam Masyarakatâ€, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung, 1991
Littlejohn, Stephen W. & Karen A. Foss, “Teori Komunikasiâ€, terjemahan oleh Mohammad Yusuf Hamdan, Salemba Humanika, Jakarta, 2011
McQuail, Dennis, “Teori komunikasi Massa Suatu Pengantarâ€, Edisi Kedua. Terjemahan oleh Agus Dharma & Aminuddin Ram, Erlangga, Jakarta, 1994
Nurudin, “Pengantar Komunikasi Massaâ€, Rajawali Pers, Jakarta, 2011
Rakhmat Jalaluddin, “Psikologi Komunikasiâ€, Cetakan ke-28, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung, 2012
Rivers, William L. & Jay W. Jensen Theodore Peterson, “Media Massa & Masyarakat Modernâ€, Edisi Kedua, Terjemahan oleh Haris Munandar & Dudy Priatna, Kencana, Jakarta, 2003
Sari, Endang S, “Audience Research: Pengantar Studi Penelitian Terhadap Pembaca, Pendengar dan Pemirsaâ€, Andi Offset, Yogyakarta, 1993
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€, ALFABETA, Bandung, 2011
Zulkarnain, Alex Leo. dkk, “Bercinta Dengan Televisiâ€, PT Remaja Rosda Karya, Bandung, 1997
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.