Optimalisasi Fungsi Media Relations Untuk Keberhasilan Komunikasi Krisis

Zainal Abidin Partao

Sari


Tujuan perusahaan adalah mencari laba sebesar-besarnya guna memperkaya pemilik atau pemegang saham serta mempertahankannya agar langgeng.  Namun krisis dapat menimpa siapa saja, baik perusahaan besar maupun kecil.  Komunikasi krisis yang baik disertai pemanfaatan fungsi media relations secara optimal, selain dapat menghindari krisis, bila pun datang, krisis itu sendiri bisa segera diatasi atau ditanggulangi, image dan reputasi organisasi/perusahaan tetap terjaga. Lebih dari itu,  kepercayaan, dukungan dan loyalitas publik berikut konsumen inti semakin tinggi.

Kata Kunci: Krisis, komunikasi krisis, media relations,  nilai berita, good news is good news, image, reputasi, agenda setting,  vulnerable analysis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Aceng, â€Press Relations, Kiat Berhubungan Dengan Mediaâ€, Rosda, Bandung, 2000.

Ancok, Djamaludin, et.al, â€Dasar-Dasar Ilmu Sosial untuk Public Relationsâ€, PT. Bina Rena Pariwara, Jakarta, 1992.

Antoni, â€Riuhnya Persimpangan Ituâ€, Tiga Serangkai, Solo, 2004.

Anwar, Rosihan, â€Bahasa Jurnalistik dan Komposisiâ€, Media Abadi, Jakarta, 2004.

Barton, Laurence, “Crisis in Organizationsâ€, Cincinnati, College Division, South-Western Publishing Co, Ohio, 1993.

Blake, Reed H. & Haroldsen, Edwin O, “Taksonomi Konsep Komunikasiâ€, terjemahan Papyrus, Surabaya, 2003.

Brigham, Eugiene F. & Houston, Joel F, â€Manajemen Keuanganâ€, terjemahan, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1999.

Chandra, Robby I, â€Teologi dan Komunikasiâ€, Duta Wacana University Press, Yogyakarta, 1996.

Curtis, Dan B., et.al, â€Komunikasi Bisnis dan Profesionalâ€, terjemahan Bandung: Rosda, Bandung, 2000.

Jafkins, Frank, â€Public Relationsâ€, Edisi Keempat – terjemahan Penerbit Erlangga, Jakarta, 1995.

Jurnal ISKI, Vol. VII, â€Manajemen Krisisâ€, Trend Media, Jakarta, 1998.

Kasali, Rhenald, â€Manajemen Public Relationsâ€, Grafiti, Jakarta, 1994.

McQuail, Denis & Windahl, Sven, â€Model-Model Komunikasiâ€, terjemahan, Uni Primas, Jakarta, 1985.

Nugroho, Bimo, et.al, â€Politik Media Mengemas Beritaâ€, Institut Studi Arus Informasi, Jakarta, 1999.

Panuju, Redi, â€Krisis Public Relationsâ€, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2002.

Porter, Michael E, â€Keunggulan Bersaingâ€, terjemahan, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1993.

Rivers, William L., et.al, “Media Massa & Masyarakat Modernâ€, terjemahan, Prenada Media, Jakarta, 2004.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter