Motivasi Kuliah dan Citra program Pendidikan Eksekutif UIEU di Mata Mahasiswanya

Tjen Chian Guo Nefowan Tjen Chian Guo Nefowan

Sari


Penelitian ini bertujuan mengetahui motivasi kuliah (objek penelitian-1) dan citra program pendidikan eksekutif UIEU (objek penelitian-2) bagi 50 responden (subjek penelitian) yang merupakan mahasiswa program eksekutif  dari seluruh fakultas uang ada di UIEU. Penelitian dilakukan selama Desember 2005 – Januari 2006.Metode Penelitian yang dipakai ialah survey deskriptif untuk mengetahui kesan responden. Alat pengumpul data adalah kuesioner dan wawancara, teknik sample yang dipakai aksidential sampling. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan tabulasi dengan melihat kecenderungan persentase untuk mengetahui kesan yang dimiliki subjek penelitian terhadap objek penelitian. Hasil penelitian atas motivasi kuliah menunjukkan 54% mencari gelar, 22% mencari pekerjaan, 12% mencari pengetahuan, 10% mencari teman, dan 2% mengisi waktu. Hasil penelitian menunjukkan 63% responden menilai citra program pendidikan eksekutif UIEU berada pada level biasa saja. 

 

Kata Kunci:  Motivasi, citra, program pendidikan eksekutif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bruce, Anne, “How to Motivate Every Employeeâ€, PT. Bhuana Ilmu Populer, Jakarta, 2004.

Cangara, Hafied, â€Pengantar Ilmu Komunikasiâ€, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1998.

Clegg, Brian, â€Instant Motivationâ€, Erlangga, Jakarta, 2001.

Departemen Pendidikan Nasional, â€Kamus Besar Bahasa Indonesiaâ€, edisi ke tiga, Balai Pustaka, Jakarta, 2001.

Echols & Shadily, â€Kamus Inggris Indonesiaâ€, Gramedia, Jakarta, 1989.

Effendy, Onong, â€Human Relations dan Public Relationsâ€, CV Mandar Maju, Bandung, 1993.

Jefkins, Frank, â€Public Relationsâ€, Alih bahasa; Rosady Ruslan, edisi ke - 4, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1995.

Herujito, Yayat, â€Dasar-dasar Manajemenâ€, Grasindo, Jakarta 2001.

Kasali, Rhenald, â€Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinyaâ€, Pustaka Utama Grafiti, Jakarta 2003.

Koran Kompas, â€Catatan Akan Bongkar Pasang Kurikulumâ€, Jakarta, 2005.

Kotler, Philip, â€Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Milenium 1, Prentice Hall PT. INDEKS Gramedia, Jakarta, 2004.

Moore, Frazier, â€Humas Membangun Citra Dengan Komunikasiâ€, Rosda, Bandung, 2004.

Pace, R.Wayne, “Organizational Communicationâ€, Prentice Hall, New Jersey, 1989.

Parangin-angin, Loina Lalolo, â€Konsep dan Aplikasi Membina Hubungan Baik dengan Publikâ€, Jakarta 2001.

Poetro, Santoso Sastro, â€Pendapat Publik, Pendapat Umum dan Pendapat Khalayak dalam Komunikasi Sosialâ€, Jakarta 1987.

Ritonga, M. Jamiluddin, â€Riset Kehumasanâ€, PT. Grasindo, Jakarta, 2004.

Ruslan, Rosady, â€Manajemen Public Relations & Media Komunikasiâ€, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005.

--------, â€Metodologi Penelitian : Public Relations dan Komunikasiâ€, edisi 1, cetakan 1, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003.

Simandjuntak, John, â€Public Relationsâ€, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2003.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, â€Metode Penelitian Survaiâ€, LP3ES, Jakarta, 1989.

Suryabrata, Sumadi, â€Metode Penelitianâ€, cetakan ke - 15, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1983.

Umar, Husein, â€Metode Riset Komunikasi Organisasiâ€, Gramedia, Jakarta, 2002.

Universitas Indonusa Esa Unggul, â€Brosur Penerimaan Mahasiswa Baruâ€, Jakarta, 2005.

______,â€Evaluasi Pelayanan & Fasilitas Universitas Indonusa Esa Unggulâ€, Jakarta, 2004.

______,â€Evaluasi Proses Belajar Mengajarâ€, Jakarta, 2002.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter