Kesesuaian Antara Isi Siaran Pers dengan Pemberitaan di Surat Kabar Ibu Kota Jakarta Periode Tahun 2005 (Analisis Isi Siaran Pers Kanzen Motor)

Melissa Melissa

Sari


Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif, dimana penulis menganalisis isi siaran pers  Kanzen periode tahun 2005 dengan berita yang dimuat di surat kabar ibukota kemudian dihitung secara kuantitatif untuk setiap distribusi frekuensi dari masing-masing bahan penelitian berdasarkan kategori jenis judul, kategori jenis lead, kategori kelengkapan unsur 5W+1H dalam isi, dan kategori unsur  nilai berita. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan berdasarkan pencocokan antara siaran pers dengan berita yang dimuat di surat kabar ibukota, yaitu sebesar masing-masing 10 (sepuluh) sampel. Koder penelitian yaitu terdiri dari dua wartawan surat kabar ibukota dan satu staf pengajar di Universitas Indonusa Esa Unggul, yang diberi bahan penelitian, coding sheet, serta definisi kategori yang sama. Kemudian dari pengodingan tersebut, menghasilkan coefisien reliability sebesar 0.88 (80%). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesesuaian antara siaran pers Kanzen dengan berita yang dimuat dari kategori jenis judul sebesar 80%, kategori jenis lead sebesar 60%, kategori kelengkapan unsur 5W+1H sebesar 80%, kategori unsur nilai berita sebesar 90%. Dari pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa apabila praktisi public relation memiliki ketrampilan menulis sebuah siaran pers, memperhatikan kaidah-kaidah dan pola dasar penulisan siaran pers, serta menulis siaran pers layaknya wartawan menulis berita, maka besar kemungkinan siaran pers tersebut dapat dimuat di media massa khususnya surat kabar yang juga ditunjang oleh hubungan dengan pers yang terjalin baik.

 

Kata Kunci:   Kesesuaian Siaran Pers dan Berita di Surat Kabar 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Aceng, â€Press Relations, Kiat Berhubungan dengan Media Massaâ€, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.

Bivins, Thomas, “Public Relations Writing, The Essential of Style and Formatâ€, NTC/Contemporary Publishing Group, Lincolnwood Illinois USA, 1999.

Bulaeng, Andi, â€Metode Penelitian Komunikasi Kontemporerâ€, ANDI, Yogyakarta, 2004.

Data Penjualan Motor Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, AISI, Jakarta 2005.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-2, Balai Pustaka, Jakarta, 1991

Effendy, Onong Uchjana, â€Human Relations dan Public Relationsâ€, CV Mandar Maju, Jakarta, 1993.

Ermanto, â€Wawasan Jurnalistik Praktisâ€, Cinta Pena, Yogyakarta, 2005.

Iriantara, Yosal, â€Media Relations, Konsep, Pendekatan dan Praktikâ€, Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 2005.

Jefkins, Frank, â€Public Relationsâ€, Edisi ke-4, Erlangga, Jakarta, 1992.

Kasali, Rhenald, â€Manajemen Public Relations, Konsep dan Aplikasi di Indonesaâ€, PT Pustaka Utama Grafiti, Jakarta, 2000.

Kusumaningrat, Hikmat dan Purnama Kusumaningrat, â€Jurnalistik Teori dan Praktekâ€, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.

Rakhmat, Jalaluddin, â€Metode Penelitian Komunikasiâ€, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002.

Ritonga, Jamiluddin, â€Riset Kehumasanâ€, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 2004.

Ruslan, Rosady, â€Manajemen Humas & Komunikasi, Konsepsi & Applikasiâ€, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2002.

Sendjaja, S. Djuarsa, â€Teori Komunikasiâ€, Universitas Terbuka, Jakarta, 1994.

Soehoet, Hoeta, A.M, â€Dasar-Dasar Jurnalistikâ€, Yayasan Kampus Tercinta IISIP, Jakarta, 2003.

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto, â€Dasar-Dasar Public Relationsâ€, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002.

Sumadiria, Haris, â€Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Featureâ€, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter