Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi dengan Motivasi Kerja Karyawan PT MMT

Dina Artika Lubis

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan komunikasi antarpribadi pimpinan dengan karyawan serta sesama karyawan untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan di PT. MMT. Penelitian menggunakan metode deskriptif korelasional, yaitu untuk mengetahui sejauhmana satu variabel atau lebih berperan dalam mempengaruhi variabel yang  lain. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, teknik pengambilan berupa sensus pada 30 responden. Analisa data dilakukan dengan menggunakan:

  1. Koefisien Korelasi Pearson, digunakan untuk menjelaskan tingkat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat yang dinyatakan dengan berbagai tingkat hubungan.
  2. Koefisien Determinasi, digunakan mengukur seberapa besar variabel-variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen.
  3. Uji hipotesis dengan t-test, digunakan untuk mengetahui apakah variabel independen signifikan atau tidak terhadap variabel dependen secara individual untuk setiap variabel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi pimpinan dengan karyawan serta sesama karyawan mempunyai hubungan positif dengan motivasi kerja, sehingga semakin baik komunikasi antarpribadi semakin tinggi motivasi kerja karyawan dengan kontribusi sebesar 40.7%. Berdasarkan hal ini, maka komunikasi antarpribadi pimpinan dengan karyawan serta sesama karyawan di PT MMT harus terus dijaga agar selalu kondusif sehingga dapat meningkatkan motivasi karyawan. Sehingga karyawan memberikan kontribusi yang lebih baik lagi kepada perusahaan.

 

Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Motivasi Kerja


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adair, John, “Effective Decision Makingâ€, Rupa & Co., Calcuta, 1998.

Asnawi, Sahlan, “Aplikasi Psikologi dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan†, Pusgrafin, Jakarta, 1999.

Budyatna, Nina M dan Mutmainah, â€Komunikasi AntarPribadiâ€, Universitas Terbuka, Jakarta, 1994.

Company Profile PT Metro Media Technologies (untuk internal).

Effendy, Onong Uchana, â€Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasiâ€, Citra Aditya Bhakti, Bandung, 1993.

Handoko, T. Hani, â€Manajemenâ€, BPFE, Yogyakarta, 2000.

Hasibuan, Malayu, â€Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitasâ€, PT Bumi Aksara, Jakarta, 1994.

Kartini, Kartono, â€Pemimpin dan Kepemimpinanâ€, Rajawali Press, Jakarta, 1998.

Le Boeuf, Michael, â€Kiat Kerjaâ€, terjemahan Haris Munandar, Mitra Utama, Jakarta, 2000.

Liliweri, Alo, â€Perspektif Teoritis Komunikasi AntarPribadiâ€, Citra Aditya, Bandung, 1994.

Morgan, King, Weisz & Schopler, “Introduction to Psychologyâ€, Mc. Graw-Hill Book Company, 1986.

Muhammad, Arni, â€Komunikasi Organisasiâ€, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2002.

Mujib, Abdul dan Mudzakir, Jusuf, â€Nuansa-nuansa Psikologi Islamâ€, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2001.

Mulyana, Deddy, â€Ilmu Komunikasi Suatu Pengantarâ€, Rosda Karya, Bandung, 2002.

Pace, R. Wayne dan Faules Don F, “Organizational Communicationâ€, Second Edition, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey, 1989.

Rogers, Everett M, “Communication Technologyâ€, The Free Press, New York, 1986.

Sendjaja, Sasa Djuarsa, et. al., â€Pengantar Komunikasiâ€, Universitas Terbuka, Jakarta, 1996.

Singarimbun, Masri, â€Metode Penelitian Surveiâ€, LP3ES, Jakarta, 1995.

Stefanie & Sandra Lanto, “Beat Stress with Strengthâ€, Park Avenue Production, USA, 1997.

Sugiyono, â€Metode Penelitian Administrasiâ€, Alfabeta, Bandung, 2002.

Umar, Husein, â€Metode Riset Komunikasi Organisasiâ€, Gramedia, Jakarta, 2002.

WS, Indrawan, â€Kamus Lengkap Bahasa Indonesiaâ€, Lintas Media, Jombang, 2004.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter