COWO-COWO U MILD : HEGEMONI MASKULINITAS DALAM IKLAN ROKOK

Arief Fitra Kurniawan

Sari


Abstract

There is interest thing for discussing behind of cigaret’s broadcasting that show on billboards up to television. This research will to analize cigaret’s broadcasting as other medium of message that have the hidden meaning that ideologic. This research to analize in broadcasting from U-Mild cigaret’s product that use men as model of advertising. It will analize hegemonic masculinity is shown by cigar’s advertisement with men are model. To inventing that, this research using Semiotic of Advertising analize. Keywords: cigar’s advertisement, hegemonic masculinity, semiotic of advertise analize.

 

Abstrak

Ada hal menarik yang penting untuk dibincangkan dibalik iklan-iklan produk rokok yang tampil baik di papan-papan iklan jalan sampai di televisi. Penelitian ini akan mengkaji iklan rokok sebagaimana medium pesan lainnya yang selalu menyediakan makna tersembunyi bersifat ideologis. Penelitian ini mengkaji iklan-iklan rokok U-Mild yang menggunakan laki-laki sebagai meodel iklan. Penelitian ini akan mengkaji hegemoni maskulinitas yang ditampilkan oleh iklan-iklan rokok U-Mild dengan model-model iklan yang laki-laki. Dimana iklan-iklan rokok tersebut tanpa kita sadari sudah menanamkan nilai-nilai yang pada akhirnya khalayak percayai. Kata kunci: iklan rokok, hegemoni maskulinitas, analisa semiotika periklanan


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Daftar Pustaka

Amir Piliang, Yasraf. (2003). Hipersemiotika: Tafsir Kultural Atas Matinya Makna. Jalasutra: Yogyakarta.

Amissah, Hannah Woode. (2015). Of Sex and Power: Phallic Masculinities in Nawal El Saadawi’s Woman at Point Zero and Amma Darko’s Beyond The Horizon. English Literature Journal vol 2 no 2, hlm 295-298

Connel, R.W. (1995). Masculinities. University of California Press: Los Angeles.

Connell, R.W. (2000). The Men and The Boys. Australian Print Group: Sydney.

de Beauvoir, Simone. (2016). Second Sex: Kehidupan Perempuan. Narasi: Yogyakarta.

Putman Tong, Rosemarie. (1998). Feminist Thought: Pengantar Paling Komprehensif kepada Arus Utama Pemikiran Feminism. Jalasutra: Yogyakarta.

Sarup, Madan. (2011). Panduan Pengantar untuk Memahami Postrukturalisme dan Posmodernisme. Jalasutra: Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter