KOMUNIKASI KAMPANYE PEMELIHARAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU PEDAGANG KAKI LIMADI KOTA AMBON
Sari
Abstract
Â
The aim of the studywas to discover the attitude and behaviour of sidewalk vendors after having environmental sanitary campaign and factors affecting their attitude and behavior.The population of the study was all sidewalk vendors at three markets in Ambon town: Pasar Tegalaya/Batu Gantung in Nusaniwe district; Pasar Mardika and Batu merah in Sirimau district. The samples were selected by using accidental sampling. The data were collectedthrough questionnaire. interview, observation, and documentation, and analyzed qualitativelyand quantitatively.The results of the study indicate that 51.0% of the sidewalk vendors have a positive attitude and 47.0% have a positive behavior. The credibility of communicator; message; and media use has a sigma effect on their attitude and behaviour. Low education (76.0%) has a significant effect on their attitude and behavior, and government policy (42%) has a positive effect on their attitude behavior. Besides education and goverment policy, there are other factors (28.4%) which have an effect on their attitude and behaviour. Keywords : Communication campaign, attitude and behavior, sidewalk vendors.
Â
Abstrak
Â
Komunikasi Kampanye Pemeliharaan Kebersihan Lingkungan Terhadap Sikap dan Perilaku Pedagang Kaki Lima di Kata Ambon.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan perilaku Pedagang Kaki Lima (PKL) setelah diterpa oleh komunikasi kampanye pemeliharaan kebersihan lingkungan; dan memperoleh gambaran secara nyata faktor tingkat pendidikan dan kebijakan pemerintah mempengaruhi sikap dan perilaku PKL dalam memelihara kebersihan lingkungan.Populasi penelitian ini adalah semua PKL yang berlokasi di Pasar Tegalaya/Batu gantung Kecamatan Nusaniwe; Pasar Mardika dan Pasar Batu merah, Kecamatan Sirimau. Sampel dipilih dengan teknik nonprobabilitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner,wawancara. observasi dan studi dokumen. Data ianalisissecara kualitatif dan uji regrasi linier dengan bantuan program SPSS 15.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterpa kampanye pemeliharaan kebersihan lingkungan,terdapat 51.0% PKL bersikap positif dan 47.0% PKL berperilaku positif Kredibilitas komunikator. isi pesan,dan penggunaan media kampanye berpengaruh signifikan terhadap sikap dan perilaku PKL. Faktor tingkat pendidikan PKL rendah (76.0%) dan berpengaruh signifikan terhadap sikap dan perilaku PKL. Begitu puladengan faktor kebijakan pemerintah dinilai positif sebesar 42% dan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku PKL dalam memelihara kebersihan lingkungan di Kota Ambon. Namun Masih terdapat 44.1% faktor lain di luar faktor tingkat pendidikan dan kebijakan pemerintah yang mempengaruhi sikap PKL. Selanjutnya. terdapat 28.4% faktor lain di luar faktor tingkat pendidikan dan kebijakan pemerintah yang mempengaruhi perilaku PKL. Kata kunci : Komunikasi kampanye, sikap dan perilaku, pedagang kaki lima.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Daftar Pustaka
Achmad, AS. (1990). Manusia dan Informasi, Hasanudin University. Ujung Pandang Press, Makassar.
Alisjahbana. (2008). Marginalisasi Sektor Informesi Porkotaan, ITS Press, Surabaya.
Ardianto dan Erdinaya. (2005). Komunikasi Massa, Suatu Pengantar Penerbit Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
Bahpiam, Tuti. (2002). Analisis Dampak Terpaan Kampanye Kesehatan Kelangsungan Hidup Anak Melalui Media Poster terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Ibu (Suatu studi Pemasaran Sosial di Kabupaten Pinrang). Tesis Pascasarjana, Unhas.
Bemays, Edward. L. (1965). Public Relations Primer, Thinking and Writing Conten. Prentise-Hall. Inc. Englewood Cliffs. New Jersey.
Cangara, Hafied. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi, Cetakan ke5, Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Damsar. (2002). Sosiologi Ekonomi. (Edisi Revisi). Raja Grafindo Persada Jakarta.
Effendi dan Manning (ed). (1985). Urbanisasi, Pengangguran dan Sektor Informal diKota. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
Faisal, Sanapiah.. (2001). Format-format Penelitian Sosial. Cetakan Kelima. Raja Grafindo persada. Jakarta.
Gonzales, Hernando. (1988). Difusl dan Umpan Batik, Teriemahan oleh Amd Jahi. 1988. Dalam Amrijahi, ed. 1988. Komunikasi Massa dan Pembangunan Pedesaan di Negara-negam Dunia Ketiga: Suatu Pangantar. PT. Gramedia : Jakarta.
Hamidi. (2007). Metode Panelitian dan Teori Komunikasi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Haryanto. (1997). Air Limbah dan Ekstreta Manusia Aspek Kesehatan Masyarakat dan Pengelolaannya. Dirjen Pendidikan Tinggi. Depdikbud.
Husein, Emma. (1993). “Belajar dari Kegagalanâ€. Jurnal Perempuan. No. 34, hal. 106-108
Kamaji. (2008). Nadi Kehidupan Kota itu Bemama PKL (online). http/www.kompas.com/ kompas-cetak/10204/Jatim/nadi39.htm. Diakses 2 Mei 2008.
Karlina, Siti, Betty Soemirat dan Lukiati Komala. (1999). Komunikasi: Massa. Universitas Terbuka. Jakarta.
Kartasasmita, Ginanjar. (1996). Pemberdayaan Masyarakat, Konsep Pembangunan Yang Berakar pada Masyarakat. Bappenas. Jakarta.
Pembangunan Partisifatif dan Akses kapada Informasi (Orasi Ilmiah). Disajikankan pada upacara Dies NAtalis XXXI dan wisuda sarjana STISIPOL. Veteran Repulik Indonesia, Palopo, 11 April 1994.
Sevilla, Consuelo G, dkk. (1993). Pengantar metode penlitian. Penerjemah Alimuddin Tuwu. Universitas Indonesia. Jakarta.
Slamet, Y. S. (1994). Kesehatan lingkungan. Cetakan pertama, Gajah Mada press. Jogjakarta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.