Citra Pt Prudential Pasca Pailit Di Mata Karyawan Pt Primalayan Utama Dan Karyawan Pt Panca Danamas Future (Perusahaan Pelanggan Majalah Investor)

Sheila Francisca Theodora, Hasyim Purnama

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karyawan PT Primalayan Utama dan karyawan PT Panca Danamas Future menilai citra Prudential pasca pailit pada tahun 2004 - 2007 ini. Karena di Indonesia perusahaan asuransi memiliki citra buruk karena dinilai masyarakat merugikan. PT Prudential adalah perusahaan asuransi dari Inggris dan merupakan yang terbesar saat ini, tetapi ternyata bisa pailit juga, dan penulis ingin meneliti citra PT Prudential, yang diwakili oleh karyawan PT Primalayan Utama (perusahaan retail) dan karyawan Panca Danamas Future (perusahaan valas) yang berlangganan majalah investasi dan keuangan yaitu Investor. Apakah dari kedua perusahaan yang bergerak dalam dua bidang yang berbeda memiliki citra yang berbeda juga? Penelitian ini mengunakan metode survey dengan tujuan penelitian deskriptif dan perbedaan semantik sebagai alat ukurnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh citra PT Prudential di mata dua perusahaan yang bergerak di dua bidang yang berbeda, dan tidak adanya pengaruh citra pada PT Prudential pasca pailit. Responden memberikan citra yang baik bagi PT Prudential selaku perusahaan asuransi. Saran penulis PT Prudential tetap mempertahankan citra, meningkatkan kualitas pelayanan dan informasi, agar masyarakat lebih memahami visi dan misi dari Prudential.

Kata Kunci : Asuransi, Pasca Pailit, Citra.

  Abstract

This research is purpose to know Prudential company image after Prudential bankrupt since 2004 until 2007, according to PT Primalayan Utama official employee and PT Panca Danamas Future official employee. Because in Indonesia, insurance company has a bad image, society deem it inflict a financial loss. Prudential is an insurance company from London, England, and the biggest in Indonesia now, but in fact that Prudential can also bankrupt. Writer like to research Prudential company image, that representative by PT Primalayan Utama (retail company) official employee and PT Panca Danamas Future (foreign currency company) official employee where the company is subscribe to Investor magazine, the investment and finances magazine. Writter want to know, are the two company from the different field can influence Prudential image? This research use methode of survey with descriptive research porpose. And use semantic differential as a measure instrument. Writter can make a conclusion that Prudential company image have an influence according the two company that come from different field, and no influence to Prudential image after bangkut. The respondence give a good image to Prudential as a insurance company. Writer suggestion is Prudential company should maintain the image constant, increase the servicing and information quality, in order that society can more understand the perspective and the mission from Prudential company.

Keywords : Insurance, after bankcorrupt, image


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Abdullah, Aceng, Press Relation : Kiat Berhubungan Dengan Media Massa. Bandung : PT Remaja RosdaKarya. Bandung. 2001

Barata, Atep adya, Dasar - dasar Pelayanan Prima. Cetakan ke-3, PT Elex Media Komputindo. Jakarta. 2006

Davis, Anthony, Everything You Should Know About Public Relation. Terjemahan Elex Media Komputindo. Jakarta. 2003

Gunadi dan Herfan Djony, Himpunan Istilah Komunikasi, Jakarta : PT Grasindo. Jakarta 1998

Jefkins, Frank, 1995, Public Relations, Jakarta: Erlangga. Jakarta. 1995

Kolter, Philip 1988. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. Kountur, Ronny. 2004, Metode Penelitian, Jakarta : PPM. Jakarta. 1988

Linggar, Anggoro. 2001, Teori & profesi KEHUMASAN. Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta. 2001

Moore, Frazier, H, 2005, HUMAS Membangun Citra Dengan Komunikasi, Bandung: Remaja Rosda Karya. Bandung. 2005

Mueller, Daniel, J, 1996, Mengukur Sikap Sosial, Jakarta : Bumi Aksara. Jakarta. 1996

Rakhmat, Jalaludin, 2002, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: Remaja RosdaKarya. Ritonga. Bandung. 2002

M. Jamiluddin. 2004. Riset kehumasan. Cetakan pertama. Jakarta: PT. Grasindo. Jakarta. 2004

Ruslan, Rosady, 2005, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Jakarta. 2005

Singarimbun, Masri, 1995. Metode Penelitian Survey, Jakarta. LP3ES. Jakarta. 1995


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter