Hubungan Manfaat Kegiatan Community Relations Dengan Citra Perusahaan Pt. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Pada Masyarakat Kragilan Serang Banten
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan manfaat kegiatan community relations dengan citra perusahaan PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Pada masyarakat Kragilan Serang Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Metode survei ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang merupakan penelitian asosiatif atau korelasional. Karena untuk melihat atau mengetahui sejauh mana satu variabel atau lebih berperan dalam mempengaruhi variabel lain. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, teknik sampling yang digunakan stratfied random sampling (sampling acak stratifikasi). Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan : 1). Koofesien korelasi, digunakan untuk menjelaskan tingkat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat yang dinyatakan dengan berbagai tingkat hubungan. 2). Koofesien Determinasi, digunakan untuk menunjukkan seberapa besar kontribusi dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil dari penelitian adalah manfaat kegiatan community relations yang dilakukan Pt. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Serang Banten mempunyai nilai positif. Tingkat hubungan yang terjadi antara kegiatan tersebut dengan citra perusahaan berada pada kategori sangat kuat dengan besarnya kontribusi sebesar 99%. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan community relations yang ada telah membawa hasil yang sangat berarti terhadap ciitra perusahaan. Aspirasi masyarakat mengenai kegiatan community relations telah membawa hasil yang berarti dan sesuai dengan harapan. Yang perlu ditingkatkan adalah walaupun kegiatan community relations ini sudah berjalan dengan baik, namun pihak perusahaan harus tetap mengakampanyekan terhadap publik mengenai kegiatan ini, sehingga citra yang positif pun akan terus didapatkan
Kata kunci: community relations, citra perusahaan, harapan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Daftar Pustaka
Antony, Davis, Everything You Should Know About PR, Elekmedia Kompetindo, Jakarta. 2003
Arifin, Anwar, Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta. 1998
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta. 2002
Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kencana, Jakarta. 2006
Cannon, Tom, Corporate Responsibility (Tanggung Jawab Perusahaan), PT. Elex Media Kompetindo, Jakarta. 1995
Hasan, Iqbal, Pokok-pokok Metodologi Penelitian & Aplikasinya, Ghalia Indonesia, Jakarta. 2002
Hardiman, Irma, 400 Istilah Public Relations, Media dan Periklanan, Gagas Ulang Publisher, Jakarta. 2006
Indrianto, Nur, Bambang Supomo, Metodologi Penelitian Bisnis, BPFE, Yogyakarta. 2002
Iriantara, Yosal, Community Relations Konsep dan Aplikasinya, Simbiosa Rekatama Media, Jakarta. 2004
Jefkins, Frank, Public Relations, Erlangga. . Jakarta 2003
Kasali, Renald, Manajemen Public Relations, PT. Pustaka Utama Graviti, Bandung, 2002
Moore, Frazier, Humas Membangun Citra dan Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. 2004
Muller, J Daniel, Mengukur sikap sosial, PT. Bumi Aksara, Jakarta. 1996
Rakhmat, Jalaluddin, Metode Penelitian Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Jakarta 2005
Rudito, Bambang, Adi Prasetijo, Kusuari, Akses Peran Serta Masyarakat, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2003
Ruslan, Rosady, Praktek dan Solusi Public Relations dalam Situasi Krisis dan Pemulihan Citra, PT. Ghalia Indonesia, Jakarta, 1994
Sendjaja, Sasa Djuarsa, Pengantar Komunikasi, Universitas Terbuka, Jakarta,1999
Soehoet, Hoeta, Pengantar Ilmu Komunikasi, Yayasan Kampus Tercinta-IISIP, Jakarta, 2002
Sugiyono, Metodologi Penelitian Bisnis, Alfabeta, Jakarta, 1999
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendy, Metode Penelitian Survai, LP3ES, Yogyakarta, 1987
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.