ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PELAYANAN HAJI DAN UMRAH DI DIREKTORAT JENDERAL PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KEMENTERIAN AGAMA

Pricilia Catrin, Mochamad Cholifihani

Sari


Abstract

This organization function of government is related with 3 functions of bureaucracy as function of development, empowerment, and public service functions. This research will analyze the factors that influenced the employees competency, information technology & quality service performance services. The analysis uses is test data quality, classic assumption test and data analyze test. The results of verification by F test, that variable employee competencies, information technology and service quality affect positively to variable service performance. Based on the calculation significance, as big as 0,000 < 0,05, which means the test result is match, that is the research model in accordance with the results of the research or there is a linear relationship. In addition the results of the coefficient of determined mentioned as much as 73,5% variable performance of services is influenced by employee competencies, information technology and quality of services. The remaining as 26.5 % of other variables need to do further research. Keywords : employee competencies, information technology, quality services

 

Abstrak

Fungsi penyelenggaraan pemerintah ini terkait dengan 3 fungsi birokrasi seperti fungsi pembangunan, pemberdayaan, dan fungsi pelayanan umum. Penelitian ini akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pegawai, teknologi informasi dan kualitas pelayanan terhadap kinerja pelayanan. Analisis yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji analisis data. Hasil pembuktian dengan uji F, bahwa variabel Kompetensi Pegawai, Teknologi Informasi dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara positif terhadap variabel kinerja pelayanan. Berdasarkan perhitungan angka signifikansi, yaitu sebesar 0,000 < 0,05, artinya bahwa hasil uji coba adalah cocok, yaitu model penelitian sesuai dengan hasil penelitian atau terdapat hubungan linier. Selain itu hasil koefisien determinasi menyebutkan sebanyak 73,5% variabel kinerja pelayanan dipengaruhi oleh kompetensi pegawai, teknologi informasi dan kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya sebesar 26,5% dari variabel lain perlu dilakukan penelitian selanjutnya.

 

Kata kunci : kompetensi pegawai, teknologi informasi, kualitas pelayanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Celviana, Widianingrum, Rahmawati. (2010). Pengaruh SDM dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Keterandalan dan ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah daerah dengan variabel intervening pengendalian intern akuntans, studi empiris, di pemda subosukawono seraten, Simposium Nasional Akuntansi XII Purwakarta.

Dwiyanto, Agus, et.al. (2012). Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gajah Mada.

http://abdiprojo.blogspot.com/2010/04/pengertian-kebijakan-publik.html

http://dafalibrary.blogspot.com/2014/12/makalah-landasan-teori-haji-dan.html

http://konsultanstatistik.blogspot.com/2009/03/uji-asumsi-klasik.html

http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-masyarakat/

http://www.kemenag.go.id

http://www.statistikian.com/2012/08/menghitung-besar-sampel-penelitian.html

https://pramascita.wordpress.com/2013/06/07/implementasi-kebijakan-publik/

Hutapea, Perullian dan Nurianna Thoha. (2008). Kompetensi Plus: Teori Desain, Kasus dan Penerapan untuk HR serta Organisasi yang Dinamis, Jakarta:Pustaka Utama.

Kadir dan Triwahyu. (2005). Pengenalan Teknologi Informasi, Yogyakarta: penerbit Andi.

Kep. MENPAN Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Kep.MENPAN Nomor: PER/20/M.PAN/04/2006 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik.

Lembaga Administrasi Negara. (2008). Dasar-Dasar Administrasi Publik, Jakarta.

McClelland, D.C. (1996). Teori Motivasi, Jakarta: Bina Aksara.

Moenir, H.A.S. (2001). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Cetakan Kelima, Jakarta: Bumi Aksara.

Pamudji, S. (1994). Profesionalisme Aparatur Negara Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik, Widyapraja Nomor 19 Tahun III.

Rasyid, Ryaas. (1997). Kajian Awal Birokrasi Pemerintah dan Politik Orde Baru, Jakarta: PT. Yarsif Watampone.

Sedarmayanti. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung: Fokusmedia.

Sembiring, Masana. (2012). Budaya dan Kinerja Organisasi (Perspektif Organisasi Pemerintah), Bandung: Fokusmedia.

Spencer, Lyle M. And Signe M. Spencer. (1993). Competence Work: Model For Superior Performance, John Wiley and Sonc, Inc.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.

Sutarman. (2009). Pengantar Teknologi Informasi, Jakarta: Sinar Grafika offset.

Taniredja, T. dan Hidayati Mustafidah. (2011). Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta.

Thoha, Miftah. (1998). Perspektif Perilaku Birokrasi, Yogyakarta: Media Widya Mandala.

Tjiptono. (2002). Prinsip-prinsip Total Quality Service (TQS), Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjokrowisastro, Soedjito. (1995). Pedoman Penyelenggaraan Catatan Sipil, Jakarta: PT. Bina Aksara.

Usman, H. dan Akbar, R.P.S. (2006). Pengantar Statistik, Edisi ke-2, Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Warella, Y. (1997). Administrasi Negara dan Kualitas Pelayanan Publik, Pidato Pengukuhan, Cetakan Pertama, Semarang: Universitas Diponegoro.

Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja, Jakarta: Rajawali Pers.

William dan Sawyer. (2007). Using Information Technology, Yogyakarta: penerbit Andi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.