Implementasi Kebijakan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Dalam Meningkatkan Good Governance Di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi

Alfhi Fusvita Cahya, Maya Puspita Dewi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengevaluasi Implementasi kebijakan pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik dalam meningkatkan good governance di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi, menganalisa hambatan-hambatan dalam implementasi tersebut, dan menganalisa  upaya-upaya yang dilakukan dalam mewujudkan implementasi kebijakan pelayanan berusaha terintegrasi secara elektronik pada DPMPTSP di Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan informan dari DPMPTSP Kabupaten Sukabumi, dan pelaku usaha. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik sudah berjalan cukup baik sesuai PP No. 24 Tahun 2018 namun masih ada yang harus di optimalkan karena masih adanya hambatan-hambatan yang ditemui seperti masih kurangnya koordinasi dan sosialisasi antara pihak dinas dan pelaku usaha, jarangan internet yang kurang memadai di pedalaman, belum semua memiliki komputer atau HP yang berbasis android untuk dapat mengakses OSS, belum terintegrasinya kebijakan pusat dan daerah, masih sering terjadi server down, sehingga upaya yang perlu dilakukan salah satunya dengan cara menyediakan fasiltas internet dan komputer untuk para pelaku usaha di kantor dinas perizinan, menuntun para pelaku usaha untuk mendapatkan izin yang diperlukan, melakukan sosialisasi secara online, selalu mengikuti update perkembangan OSS, dan lain sebagainya. 

Full Text:

PDF

References


Anggara, Sahya. 2018. Kebijakan Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Dewi, M. P., Gofur, A., & Hendarto, D. (2020). Sosialisasi dan Pendampingan Penggunaan Online Single Submission pada Pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Kota Depok. Jurnal Komunitas, 3(1), 34–39.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasnya, hlm 10-14. Yogyakarta. Gava Media.

Kusumawati, Mustika Prabaningrum. 2019. Harmonisasi antara Etika Publik dan Kebijakan Publik. Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Jurnal Yuridis. Volume 6 No. 1. Juni 2019.

Meutia, Intan Fitri. 2017. Analisis Kebijakan Publik. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.

Moleong, Lexi J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

-------------------------- 2013. Prosedur Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Nugroho, Dr. Riant. 2017. Public Policy. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo. Kompas Gramedia.

Parsons, wayne. 2017. Public Policy (Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan). Jakarta:Kencana.

Purwanto, dkk, 2012. Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya. Yogyakarta; Gava Media

Rahman, Mariati. 2017. Ilmu Administrasi. Makassar: CV Sah Media.

Revida, Erika et al. 2020. Teori Administrasi Publik. Yayasan Kita Menulis.

Surjadi. 2012. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung. PT Refika Aditama.

Sedarmayanti. 2012. Good Govenance “Kepemerintahan yang Baik” Bagian Kedua Revisi. Bandung: CV. Mandar Maju

Sore, Uddin B dan Sobirin. 2017.Kebijakan Publik. Makassar: CV. Sah Media.

Triwibawanto Geneona, Hendrikus. 2017. Pendekatan Kualitatif dan Kontribusinya dalam Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Unpar Press.




DOI: https://doi.org/10.47007/publika.v10i2.4978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul Jakarta
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta Barat
(021) 567-4223 ext 266
[email protected]
    


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.