Implementasi Kebijakan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah Pada Suku Dinas Pelayanan Pajak Kota Administrasi Jakarta Barat

Agitta Sofyan Purwaningtias

Abstract


This study aims to determine the implementation of policies in the advertising tax increase local tax revenue as well as to determine the obstacles that exist in improving the advertisement tax. This study uses a qualitative approach with descriptive analysis method which means explaining the data and the facts accurately and systematically. Samples taken are reports revenue plan and actual revenues Advertising Tax Rate Tax Office In West Jakarta Administration Year 2015-2016. The results showed that in the year 2015-2016 advertisement tax acceptance was not optimal due to the advertising tax revenue realization is still considered low and the determination of the target too high and unrealistic to tax revenues advertisement. Based on this, Better Local Government Policy Before Removing supposed to socialize in advance, as well as coordinating with the parties concerned with the advertisement tax hike before the policy rule Value Rent Advertisement issued, so it will not burden the taxpayer. Provides strict sanctions to the organizers of illegal billboards.

 

Keywords: policy implementation, advertisement tax

 


Full Text:

PDF

References


Cahyadi, G. (2014). Pengaruh Penerimaan Pajak Reklame Dan Pajak Restoran Terhadap Penerimaan Pajak Daerah Kabupaten Ponorogo (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

De Rooy, F., & Budiarso, N. (2015). Analisis Kontribusi Penerimaan Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Raja Ampat. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(4).

Indriyawan, N. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Reklame Di Kabupaten Klaten Tahun 2000-2013. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 1-16.

Jauhari Bauamona, B. O. T. (2016). Strategi Optimalisasi Pengelolaan Pajak Reklame Pada Dinas Pajak Daerah Dan Pengelolaan Keuangan Kota Yogyakarta.

Kobandaha, R., & Wokas, H. R. (2016). Analisis Efektivitas, Kontribusi Dan Potensi Pajak Reklame Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Kotamobagu. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1).

Korengkeng, R. R., Karamoy, H., & Pontoh, W. (2017). Analisis Potensi, Efektifitas, Efisiensi, Dan Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Penerimaan Pajak Daerah Di Kabupaten Minahasa Utara. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 12(01).

Lamia, A. (2015). Analisis Efektifitas Dan Kontribusi Pemungutan Pajak Restoran, Pajak Reklame, Dan Pajak Penerangan Jalan Pada Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5).

Lintong, A., Subijono, H., & Mawikere, L. (2015). Analisis Perbandingan Kontribusi Pajak Reklame Kabupaten Minahasa Selatan Dan Kabupaten Minahasa Terhadap Pajak Daerah Tahun 2009-2013. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3).

Lohonauman, I. L. (2016). Analisis Efektivitas Pemungutan Pajak Daerah Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Sitaro. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1).

Mawikere, L., Subijono, H., & Lintong, A. (2015). Analisis Perbandingan Kontribusi Pajak Reklame Kabupaten Minahasa Selatan Dan Kabupaten Minahasa Terhadap Pajak Daerah Tahun 2009-2013. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 2713.

Muaropah, M. (2017). Potensi Pajak Reklame Dalam Penerimaan Pajak Daerah Di Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Gunung Djati Bandung).

Payu, B. R. (2014). Analisis Kontribusi Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Gorontalo Boby Rantow Payu. Jurnal Akuntansi, 18(1), 141-150.

Purba, R. (2016). Pengaruh Penerimaan Pajak Reklame Dan Pajak Penerangan Jalan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Medan. Jurnal Mutiara Akuntansi, 1(1), 25-31.

Sidarta, I. (2015). Mekanisme Pembayaran Pajak Reklame Dalam Memenuhi Pendapatan Asli Daerah Oleh Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Jember.

Sulviane, I. A., Harianto, H., & Hakim, D. B. (2014). Strategi Peningkatan Penerimaan Pendapatan Pajak Reklame Dikabupaten Bogor. Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah, 6(1).

Suryaman, M. (2014). Analisis Kontribusi Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Di Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 11(1), 72-83.

Wulandari, P. A., & Iryanie, E. (2016, October). Analisis Pengaruh Kontribusi Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Banjarmasin. In Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC.




DOI: https://doi.org/10.47007/publika.v10i2.5009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul Jakarta
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta Barat
(021) 567-4223 ext 266
[email protected]
    


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.