ANALISIS KOMPARASI FERNING TEST FASE OVULASI PADA WANITA PEKERJA DAN IBU RUMAH TANGGA USIA PRODUKTIF

Titta Novianti

Sari


Abstrak

Siklus menstruasi merupakan suatu periode berlangsungnya perubahan fisiologi pada wanita. Menstruasi terjadi dalam rentang waktu antara fase perdarahan menstruasi yang satu dengan fase perdarahan menstruasi berikutnya. Pada kenyataanya wanita tidak memiliki siklus menstruasi normal, tidak memiliki pola tertentu. Wanita yang mengalami gangguan masalah reproduksi berkaitan erat dengan siklus mesntruasi ditentukan akibat gangguan pada fisik dan psikis sehingga menyebabkan kecemasan dan stress. Beban pekerjaan yang tinggi pada wanita pekerja dapat menekan dan menghambat kerja hormon sehingga siklus reproduksi terganggu atau terhambat. Eksresi hormone estrogen, yang menunjukkan fase ovulasi dapat diamati dengan adanya kristal fern pada apusan kelenjar saliva (air liur). Pada penelitian ini dilakukan analisis secara komparasi eksresi hormone estrogen melalui apusan kelenjar saliva, saat fase ovulasi pada wanita pekerja dan ibu rumah tangga usia produktif, untuk membandingkan adanya perbedaan fase ovulasi pada wanita pekerja dan ibu rumah tangga. Responden penelitian adalah para wanita pekerja urban dan  ibu rumah tangga usia produktif masing-masing sebanyak 15 orang, di wilayah Tangerang Selatan. Pengambilan sampel penelitian secara acak dengan metoda random sampling, dan metode penelitian cross sectional. Sampel adalah air saliva dari wanita pekerja urban dan ibu rumah tangga pada pagi hari saat bangun tidur, yang dioleskan diatas kaca objek dengan menggunakan cutton bud. Dilakukan pengamatan di bawah mikroskop dan dilakukan analisis data komparasi dengan uji statistic Mann Whitney.  Hasil pengamatan pada apusan kelenjar saliva, menunjukkan dari 15 orang wanita pekerja urban terdapat 6 orang tidak mengeksresikan kristal fern berarti tidak terjadi ekskresi hormone estrogen pada hitungan kalender yang seharusnya sudah ovulasi. Dan sekitar  4 orang pada ibu rumah tangga tidak terekskresikan Kristal fern. Hasi uji komparasi menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang cukup berarti ekskresi hormone ini pada hitungan kalender masa ovulasi, antara wanita pekerja urban dan ibu rumah tangga dengan p > 0,05.

Kata kunci :  wanita pekerja, ibu rumah tangga, ovulasi, ferning test, usia produktif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

American Academy of Pediatrics. 2006. Menstruation in Girls and Adolescents: Using the Menstrual Cycle as a Vital Sign, Official Journal of The American Academy of Pediatrics, (118):5.

Ana C. R. Ramalho, Carolina M. Andrade, Fernanda &. Prates, 2008. Menstrual Cycle and Glycemic Control, Recent Patents on Endocrine, Metabolic & Immune Drug Discovery (3): 65-68.

Badan Pusat Statistik. Keadaan ketenagakerjaan Indonesia Februari 2007. Jakarta; 2007

Glick, D. 2009. Women's Monthly Cycle Affects Blood Glucose Control, But Not Consistently, Diabetes Health.

Guyton AC & Hall. 2008. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Jakarta: EGC,.

Hawari, D. 2008. S tres Cemas dan Depresi: FKUI; Jakarta; 2008. h. 34-47

Jounal of Society and Space. Vol 8.(7) :156-162.

Liu Y, Gold EB, Lsley BL, Johnson WO. 2004. Factors Affecting Menstrual Cycle Characteristic.AM J Epidemiol(2) : 10-15.

Magdalena, AP, Ropero AB, Carrera MP, Cederroth CR, Baquie´ Met all, 2008. Pancreatic Insulin Content Regulation by the Estrogen Receptor ERα, PloS ONE, (3):4.

Mardiati, SM. 2007. Perbandingan Kadar Garam Natrium dan Kalium pada Tes Ferning Lendir Mulut. Jurnal Sains & Matematika (JSM). Vol 15 (1) : 5-7.

McKinley Health Centre, 2008. Irregular Menses, University of Illinois.

Prawirahardjo, Sarwono & Hanifa Winkjosastro, 2012. Ilmu kandungan. Jakarta:PT. Bina

Pustaka.

Proverawati Atikah dkk. 2009. Menarche Menstruasi Pertama Penuh Makna: Numed; 2009. 8-29

Rahamah, N. 2012. Wanita bekerja dan pengurusan keluarga. Geografia Online-Malaysia

Raymond F. Peat, Ph. D, 2009. Progesterone: Esse ntial to Your Well-Being, An International Women’s Holistic Health Resource Group. Available from: http://www.tidesoflife.com/ [Accessed 10 Maret 2015].

Sherwood, L. 2007. Female Reproductive Physiology, Human Physiology. 6th ed.USA: Thomsin Brooks/Cole: 752-763

Tortora, G.J. & Derrickson, B., 2009. The Female Reproductive Cycle, Principles of Anatomy and Physiology 12th ed. Asia: John Wiley & Sons, (2): P 1112-1116.

Trout KK, Rickels MR, Schutta MH, et al, 2007. Menstrual Cycle Effects on Insulin Sensitivity in Women With Type 1 Diabetes: A pilot study. Diabetes Technol Ther.; 9: 176–182.

Widiastuti, S. 2011. Faktor Determinan Produktivitas Kerja Pada Pekerja Wanita. Skrispi Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokeran Universitas Dipenogoro, Semarang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.