Kajian Semiotik Koleksi Senjata Api Studi Kasus di Museum Fatahillah

Teddy Mohamad Darajat

Abstract


Penulisan yang berkaitan erat dengan pengembangan model-model museum di Indonesia ini untuk mengingatkan kembali bagian dari sejarah yang masih sangat luas dan belum tergali. Kemajuan ilmu pengetahuan memiliki dampak yang luas terhadap peradaban manusia itu sendiri termasuk ilmu yang menyangkut sejarah, penemuan dan artefak yang bernilai tinggi. Komunikasi yang berjalan sejak jaman dahulu dapat dilacak teknologi masa sekarang termasuk tanda dan literatur yang sudah hampir punah. Dalam upaya membantu pelestarian sumber artefak maka tidak hanya akademis atau pemerintah saja yang bertanggung jawab tetapi kita semua patut menjaganya. Penelitian ini memiliki beberapa sasaran yang diantaranya menggali teori barat dan lokal dalam menghasilkan penemuan ketimuran.. Data yang terkumpul berasal dari literatur, kontak online, wawancara dan kunjungan lokasi. Kekayaan dan keragaman data berupa artefak dan informasinya adalah simbol kepedulian peradaban manusia terhadap generasi berikutnya.

 

Kata kunci : senjata laras panjang, musium, batik, simbol

 

Abstract

Writing is closely linked to the development of models of the museum in Indonesia is to recall a part of history that is still very broad and untapped. Advances in science have a broad impact on human civilization itself, including the science concerning the history, discovery and valuable artifacts. Ongoing communication since antiquity can be traced today's technology, including signs and literature are already endangered. In an effort to help preserve the artifacts are not only a source of academic or government who is responsible but we are all worth keeping. This study has several objectives which include digging western theory and local produce oriental invention .. The collected data derived from the literature, online contacts, interviews and site visits. Richness and diversity of data in the form of artifacts and information awareness is the symbol of human civilization to the next generation.

 

Keywords : long rifle, museum, batik, symbol


References


Agus Sachari, Sosiologi Desain, Bandung :Penerbit ITB, Bandung, 2008.

Dra. Kartina A.S. Prawirabisma, Pesona Batik Madura, pameran batik Madura kerjasama Wastraprema dan Warga Madura di Jakarta, Jakarta, 1985.

H. Aminudin, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan

Hartono Sumarsono, Batik Pesisir Pusaka Indonesia, Penerbit KPG, Kepustakaan Populer Gramedia, Jakarta, 2011.

John A. Walker, Desain, Sejarah, Budaya, Penerbit Jalasutra., Yogyakarta, 2010.

Sugiyono, Prof. Dr. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D, Penerbit PT Alfabeta, Bandung, 2010.

Susann Vihma & Seppo Vakeva, Semiotika Visual dan Semantika Produk, Jogyakarta dan Bandung :Penerbit Jalasutra, Yogyakarta, 2009

Thomas K. & I.Ibrahim, Senjata-Senjata Yang Mengubah Dunia, Penerbit Mata Padi Presindo, Yogyakarta, 2010.

W. Gulo 2007, Metodologi Penelitian, PT Gramedia, Jakarta, 2007.

Wisatawan Pada Museum Sejarah Jakarta Di Jakarta Barat, e-Jurnal Universitas Esa Unggul. Jakarta. 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat