PERANCANGAN BUKU 12 PERMAINAN TRADISIONAL ANAK INDONESIA

Anita Lioni, Rudi Heri

Abstract


Abstrak

Karya tulis ini dimaksudkan sebagai laporan tugas akhir yang dilakukan penulis sebagai salah satu syarat kelulusan. Laporan ini membahas tentang Perancangan Media Visual Buku 12 Permainan Tradisional Anak Indonesia yakni dimulai dari mencari referensi, data terkini, dan melakukan observasi, wawancara serta pemotretan objek sampai mengaplikasikan unsur-unsur desain yang akan digunakan dalam pembuatan karya tugas akhir ini. Media cetak merupakan suatu media yang bersifat statis dan mengutamakan pesan-pesan visual. Terdiri dari lembaran kertas dengan sejumlah kata, gambar, atau foto dengan tata warna, bentuk layout dan halaman. Salah satu jenis media cetak yang akan penulis gunakan adalah buku. Buku yang berperan sebagai media massa dapat memberikan pengaruh kepada khalayak yang akan membaca buku tersebut. Oleh karena itu, penulis menyajikan buku ini disertai dengan gambar-gambar yang akan memperjelas suatau bacaan. Buku yang penulis buat adalah mengenai Permainan Tradisional Anak. Buku ini membahas keanekaragaman permainan-permainan tradisional anak yang ada di Indonesia. Buku ini bertujuan agar pembaca iebih mengetahui dan memahami tentang Permainan Tradisional Anak yang sudah mulai terlupakan.

Kata Kunci: Buku, Budaya, Permainan, Tradisional, Anak Indonesia


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alif, Zaini. (2014). Mainan dan Permainan Tradisional Sunda. Bandung: HONG

Arntson, Amy E. (2003). Graphic Design Basic 4.Whitewater: University of Wisconsin, Thomson Wadswoth

Burnett Taylor, (2009). Edward. Sosiologic Culture in a life

Cenadi, Christine Suharto. (1999). Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 1(1), Juli 1999.

Dyastriningrum. (2009). Antropologi : Kelas XI : Untuk SMA dan MA Program Bahasa, (hal. 90). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Nasional, Departemen Pendidikan Nasional.

DR. Budianto, Arif, Msi. (2008). Lembaga Kebudayaan Universitas Muhammadiyah. Malang: LKUM

Geertz, H. (1981). Aneka Budaya dan Komunitas di Indonesia. Jakarta: Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial.

G.J. Renier. (1997). Metode dan Manfaat Ilmu Sejarah. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hadi, Umar. (1998). Memahami Desain Grafis, Katalog Pameran Desain Grafis. LPK Visi Yogyakarta.

Harris, Robert W. (2007). The Elemen of Visual Style. Boston, Massachusetts: Houghton Mifflin Refrence Books

Istanto H. Freddy. (2000). Gambar Sebagai Alat Komunikasi Visual.

Jefkins, Frank. (1995). Public Relations (Edisi ke-4). Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. (2001). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kuntowijoyo. (1994). Metodologi Sejarah. Yogyakarta : PT. Tiara Wacana Yogya

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI

Lies, S. dan Budiarti, A. C. 2009. Antropologi Jilid 1 : Untuk Kelas XI SMA dan MA, (hal. 137). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Nasional, Departemen Pendidikan Nasional.

Makalah disampaikan dalam Dialog Budaya Spiritual DIY di Wisma PU Yogyakarta, 29-30 Juni 2009 yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta.

Morrish, John, (2003). Magazine Editing: How to Develop and Manage a Successful Publication. London: Routledge

Mulyana, Deddy. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Rosdakarya

Rai, Aisyah. (2014). Kumpulan Permainan Tradisional Anak. Jakarta: Penebar Swadaya

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. (2007). Teori Sosiologi Modern, (Hlm. 121). Inggris: Dougther

Rustan, Surianto, (2009). Layout. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rustan, Surianto, (2009). Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2010). Nirmana, Elemen-Elemen Seni Dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.

Susanto, Mikke. (2011). Diksi Rupa, Yogyakarta dan Bali: DictiArt Lab dan Jagad Art Space.

Soekmono. (1998). Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia I. Yogyakarta: PT Kanisius.

Soemarjan, Selo. (1999). Kebudayaan. Surabaya: LPK Visi Surabaya

Soemardi, Soelaiman. (1997). Kebudayaan Identitas Bangsa. Yogyakarta: LPK Visi Yogyakarta

Tarigan, H.G dan Djago Tarigan. (1986). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung; Angkasa.

Tarigan, H.G. (1986). Analisis Buku Teks. Bandung: Angkasa.

www.google.com

www.wikipedia.com

http://technonide.blogspot.com/2010/11/rangkuman-buku-fundamental-of-graphic.html

http://www.ilmugrafis.com/artikel.php?page=prinsip-prinsip-desain-grafis http://www.conceptmagz.com/magazine/detail/25

http://adnansocial.blogspot.com/2011/02/interaksi-manusia-dengan-komputer.html

http://radityacracker.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafis-dari-segi.html

http://www.ahlidesain.com/unsur-definisi-prinsip-dan-istilah-dkv.html

http://bagholovers.blogspot.com/2012/06/pengaruh-perkembangan-desain-dan-seni.html

http://www.slideshare.net/IrmaYulindaMaslich/teori-warna-psikologis-warna-42983871

http://www.ahlidesain.com/wp-content/uploads/2010/04/Teori-Warna-Ilmu-Grafis.pdf

http://www.dumetschool.com/blog/Teori-Warna-sebagai-Unsur-Penting-Dunia-Desain

http://design.tutsplus.com/articles/25-creative-and-challenging-vector-poster-design-tutorials--vector-4327

http://www.search-document.com/pdf/1/sejarah-desain-grafis-di-indonesia.html

http://belajargrafisdesain.blogspot.com/2011/07/anatomi-huruf-1.html

http://www.notepedia.info/2013/04/memahami-anatomi-huruf-dalam-typografi.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat