PERANCANGAN BUKU 12 PERMAINAN TRADISIONAL ANAK INDONESIA
Abstract
Abstrak
Karya tulis ini dimaksudkan sebagai laporan tugas akhir yang dilakukan penulis sebagai salah satu syarat kelulusan. Laporan ini membahas tentang Perancangan Media Visual Buku 12 Permainan Tradisional Anak Indonesia yakni dimulai dari mencari referensi, data terkini, dan melakukan observasi, wawancara serta pemotretan objek sampai mengaplikasikan unsur-unsur desain yang akan digunakan dalam pembuatan karya tugas akhir ini. Media cetak merupakan suatu media yang bersifat statis dan mengutamakan pesan-pesan visual. Terdiri dari lembaran kertas dengan sejumlah kata, gambar, atau foto dengan tata warna, bentuk layout dan halaman. Salah satu jenis media cetak yang akan penulis gunakan adalah buku. Buku yang berperan sebagai media massa dapat memberikan pengaruh kepada khalayak yang akan membaca buku tersebut. Oleh karena itu, penulis menyajikan buku ini disertai dengan gambar-gambar yang akan memperjelas suatau bacaan. Buku yang penulis buat adalah mengenai Permainan Tradisional Anak. Buku ini membahas keanekaragaman permainan-permainan tradisional anak yang ada di Indonesia. Buku ini bertujuan agar pembaca iebih mengetahui dan memahami tentang Permainan Tradisional Anak yang sudah mulai terlupakan.
Kata Kunci: Buku, Budaya, Permainan, Tradisional, Anak Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Alif, Zaini. (2014). Mainan dan Permainan Tradisional Sunda. Bandung: HONG
Arntson, Amy E. (2003). Graphic Design Basic 4.Whitewater: University of Wisconsin, Thomson Wadswoth
Burnett Taylor, (2009). Edward. Sosiologic Culture in a life
Cenadi, Christine Suharto. (1999). Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 1(1), Juli 1999.
Dyastriningrum. (2009). Antropologi : Kelas XI : Untuk SMA dan MA Program Bahasa, (hal. 90). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Nasional, Departemen Pendidikan Nasional.
DR. Budianto, Arif, Msi. (2008). Lembaga Kebudayaan Universitas Muhammadiyah. Malang: LKUM
Geertz, H. (1981). Aneka Budaya dan Komunitas di Indonesia. Jakarta: Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial.
G.J. Renier. (1997). Metode dan Manfaat Ilmu Sejarah. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Hadi, Umar. (1998). Memahami Desain Grafis, Katalog Pameran Desain Grafis. LPK Visi Yogyakarta.
Harris, Robert W. (2007). The Elemen of Visual Style. Boston, Massachusetts: Houghton Mifflin Refrence Books
Istanto H. Freddy. (2000). Gambar Sebagai Alat Komunikasi Visual.
Jefkins, Frank. (1995). Public Relations (Edisi ke-4). Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. (2001). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Kuntowijoyo. (1994). Metodologi Sejarah. Yogyakarta : PT. Tiara Wacana Yogya
Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI
Lies, S. dan Budiarti, A. C. 2009. Antropologi Jilid 1 : Untuk Kelas XI SMA dan MA, (hal. 137). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Nasional, Departemen Pendidikan Nasional.
Makalah disampaikan dalam Dialog Budaya Spiritual DIY di Wisma PU Yogyakarta, 29-30 Juni 2009 yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta.
Morrish, John, (2003). Magazine Editing: How to Develop and Manage a Successful Publication. London: Routledge
Mulyana, Deddy. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Rosdakarya
Rai, Aisyah. (2014). Kumpulan Permainan Tradisional Anak. Jakarta: Penebar Swadaya
Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. (2007). Teori Sosiologi Modern, (Hlm. 121). Inggris: Dougther
Rustan, Surianto, (2009). Layout. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Rustan, Surianto, (2009). Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2010). Nirmana, Elemen-Elemen Seni Dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.
Susanto, Mikke. (2011). Diksi Rupa, Yogyakarta dan Bali: DictiArt Lab dan Jagad Art Space.
Soekmono. (1998). Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia I. Yogyakarta: PT Kanisius.
Soemarjan, Selo. (1999). Kebudayaan. Surabaya: LPK Visi Surabaya
Soemardi, Soelaiman. (1997). Kebudayaan Identitas Bangsa. Yogyakarta: LPK Visi Yogyakarta
Tarigan, H.G dan Djago Tarigan. (1986). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung; Angkasa.
Tarigan, H.G. (1986). Analisis Buku Teks. Bandung: Angkasa.
www.google.com
www.wikipedia.com
http://technonide.blogspot.com/2010/11/rangkuman-buku-fundamental-of-graphic.html
http://www.ilmugrafis.com/artikel.php?page=prinsip-prinsip-desain-grafis http://www.conceptmagz.com/magazine/detail/25
http://adnansocial.blogspot.com/2011/02/interaksi-manusia-dengan-komputer.html
http://radityacracker.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafis-dari-segi.html
http://www.ahlidesain.com/unsur-definisi-prinsip-dan-istilah-dkv.html
http://bagholovers.blogspot.com/2012/06/pengaruh-perkembangan-desain-dan-seni.html
http://www.slideshare.net/IrmaYulindaMaslich/teori-warna-psikologis-warna-42983871
http://www.ahlidesain.com/wp-content/uploads/2010/04/Teori-Warna-Ilmu-Grafis.pdf
http://www.dumetschool.com/blog/Teori-Warna-sebagai-Unsur-Penting-Dunia-Desain
http://design.tutsplus.com/articles/25-creative-and-challenging-vector-poster-design-tutorials--vector-4327
http://www.search-document.com/pdf/1/sejarah-desain-grafis-di-indonesia.html
http://belajargrafisdesain.blogspot.com/2011/07/anatomi-huruf-1.html
http://www.notepedia.info/2013/04/memahami-anatomi-huruf-dalam-typografi.html
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Web Stat