PERANCANGAN MEDIA PROMOSI FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA DENGAN MEMANFAATKAN VIDEO MAPPING PADA MAKET KANTOR FAKULTAS

Deni Kurniawan Nivak

Abstract


Abstract

Multimedia as a means of communication has an important role in publishing information to the masses; it is an effective and communicative method especially in the age of high mobility. For that reason, a new form of attractive and interactive communication media is needed. Multimedia can be used to promote an information in many interesting ways. This research was trying to develop a promotion media for Information Technology Faculty UKSW using video mapping technique that were projected at mock-up of Information Technology Faculty UKSW building. By using this technique, multimedia consumer will enjoy a new way of video presentation that they may never experience before. In developing the video, linear strategy method is employed. The method comprises of data gathering phase, data analysis, design, implementation and evaluation, and testing. Contents that are covered in the video ranging from departments profiles, facility, and predominance aspect of the faculty. From the testing phase, result showed that the video mapping was useful as a promotion tool for FTI UKSW. Video mapping can become an alternative choice for promotion in education field.

 

Keywords : Media Informations, Multimedia, Promotions, Video Mapping

 

Abstrak

Multimedia sebagai sarana komunikasi memiliki peran penting dalam mempublikasikan informasi kepada massa; itu merupakan metode yang efektif dan komunikatif terutama di usia mobilitas tinggi. Untuk itu, bentuk baru media komunikasi yang menarik dan interaktif yang dibutuhkan. Multimedia dapat digunakan untuk mempromosikan suatu informasi dalam banyak hal menarik. Penelitian ini mencoba untuk mengembangkan media promosi untuk Teknologi Informasi Fakultas UKSW menggunakan teknik video mapping yang diproyeksikan pada mock-up bangunan Fakultas Teknologi Informasi UKSW. Dengan menggunakan teknik ini, konsumen multimedia akan menikmati cara baru presentasi video yang mereka mungkin tidak pernah mengalami sebelumnya. Dalam mengembangkan video, metode strategi linear digunakan. Metode ini terdiri dari fase pengumpulan data, analisis data, desain, implementasi dan evaluasi, dan pengujian. Isi yang dibahas dalam video mulai dari profil departemen, fasilitas, dan aspek dominasi fakultas. Dari tahap pengujian, hasilnya menunjukkan bahwa video mapping itu berguna sebagai alat promosi untuk FTI UKSW. video mapping dapat menjadi pilihan alternatif untuk promosi di bidang pendidikan.

 

Kata kunci: Media Informasi, Multimedia, Promosi, Pemetaan Video


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Assauri, Sofjan. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Graffindo Persada.

Cho, Jae Joon and Lee, Won Hyung. (2015). A Study on Expression of Illusionism based Virtual Space by using Projection Mapping. Dongjak-gu, Seoul: School of Advanced Imaging Science, Multimedia and Film, Chung-ang Univ, South Korea.

Dwimulyani, Lia dan Rochim, M. (2015). Representasi Kebudayaan Betawi dalam Video Mapping “Revitalisaasi Kota Tua Jakartaâ€. Bandung: Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung.

Ekim, B. (2011). A Video Projection Mapping Conceptual Design and Allication : Yekpare. Turkey: Maltepe University.

Krautsack, D. (2011). 3D Projection Mapping and Its Impact On Media & Architecture In Contemporary and Future Urban Spaces. Indiana: Purdue University.

Maryono, Y dan Patmi Istiana. Teknologi Informasi & Komunikasi. Jakarta: Yudhistira.

Mills, Chriss B. (2009). Nerancang Maket: Panduan Studio Untuk Membuat dan Menggunakan Maket Perancangan Arsitekstural (edisi 2). Jakrta: Erlangga.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sinatra, L. dan Dharmastuti R. (2008). Kajian Peran Public Relation dalam Meningkatkan Citra Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah. Surabaya : Jurnal Ilmiah Scriptura.

Sobur,Alex. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Yosdakarya.

Sofyan,A dan Purwanto, Agus. (2008). Digital Multimedia. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitafif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Widiasari, Indrastanti dam Setyanti, Atik. (2013). Simulasi gedung FTI berbasis 3D menggunakan layar sentuh. Salatiga: FTI, Universitas Kristen Satya Wacana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat