PERANCANGAN KAP LAMPU BERBAHAN MATERIAL ROTAN DENGAN MENGUSUNG GAYA POSTMODERNISME GUNA MENCIPTAKAN KESAN ARTISTIC PADA INTERIOR RUANG

Muhammad Fauzi, Fajar Megi Pernanda

Abstract


Abstract

This writing aims to create a product design of lamp shaped material made of rattan nan simple with the concept of postmodernism, efforts to obtain a product with a unique style nan traditional and still has its own aesthetic elements especially in the placement of the interior space. Background by the demands of the recommended course tasks to design a product made from rattan material. This research was conducted by live observation into the workshop in a workshop which is located in Cirebon, West Java. In this research also besides designing a rattan product the researcher also consider the process of workmanship, where the designer is required to design a product and make it as much as possible with badged minimum.

 

Keywords: lampshade, rattan, postmodernism.

 

Abstrak

Penulisan ini bertujuan untuk menciptakan sebuah produk desain kap lampu berbahan material rotan nan simple dengan mengusung konsep postmodernisme, upaya untuk memperoleh sebuah produk dengan gaya unik nan traditional serta tetap memiliki unsur estetikanya tersendiri terutama pada penempatannya terhadap interior ruang. Terlatar belakangi oleh tuntutan tugas mata kuliah yang dianjurkan untuk merancang sebuah produk berbahan material rotan. Penelitian ini dilakukan dengan obsevasi langung ke dalam pengerjaannya di workshop yang bertempatkan di daerah Cirebon, Jawa Barat. Dalam penelitian ini pula selain merancang sebuah produk rotan peneliti pun ikut mempertimbangkan proses pengerjaannya, dimana perancang dituntut untuk merancang sebuah produk dan membuatnya semaksimal mungkin dengan badged seminim mungkin, dengan tujuan nantinya rancangan dapat dengan mudah dibuat dan tidak terlalu menghawatirkan jika tidak begitu banyak peminatannya dipasaran.

 

Kata kunci: kap lampu, rotan, postmodernisme.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

https://socialmediafeed. me/ig/tags/radec

https://www. karyabina. com/detail-produk-OTU=-rengginang-gohan. html

http://rattanteluk. blogspot. co. id/2016/05/mengenal-jenis-jenis-rotan-indonesia. html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat