KAJIAN SEMIOTIKA WARNA PADA ONDEL-ONDEL BETAWI TAHUN PEMBUATAN 2010 DI JAKARTA SELATAN

Rudi Heri Marwan

Abstract


Abstract

Color is one element that cannot stand alone, always influenced and determined by other colors around it. Betawi ondel-ondel involves the role of color to reconstruct messages, efforts to form a representation of the social reality of the life of the Betawi people. The social reality of the Betawi community life can be observed when Betawi Ondels embed a message symbol of color. This will further complement the formation of its meaning when in the place provided, namely in the South Jakarta area. Color as one embodiment of cultural symbols not only aims to offer the beauty of color embedded in Betawi Ondel-Ondel objects, but color also offers a construction representation of the social reality of the life of the Betawi people who are buried therein. Therefore, colors in the context of visual communication design, which we find everyday in various objects can be said to be symbolic. This means that color can become a symbol as long as the image it displays forms and reflects intrinsic value. the use of color on Betawi ondel-ondel objects is loaded with communicative signs. For this reason, the research entitled "Study of the Color Semiotics on Ondel-ondel Betawi in the 2010 Manufacturing Year in South Jakarta" was made, with the aim of providing input to the wealth and inventory of meaning in the design domain of various colors found in the Betawi ondel-ondel as the construction of reality representation social Betawi community.

 

Keywords: study, semiotics, color, ondel-ondel betawi, South Jakarta

 

Abstrak

Warna merupakan salah satu unsur yang tidak dapat berdiri sendiri, selalu dipengaruhi dan ditentukan oleh warna lain yang ada disekitarnya. Ondel-ondel Betawi melibatkan peranan warna untuk merekonstruksi pesan, usaha membentuk sebuah representasi realitas sosial kehidupan masyarakat Betawi. Realitas sosial kehidupan masyarakat Betawi dapat diamati ketika Ondel-ondel Betawi menyematkan sebuah simbol pesan dari warna. Hal tersebut akan makin terlengkapi pembentukan maknanya ketika berada pada tempat yang disediakan yaitu di daerah Jakarta Selatan. Warna sebagai salah satu perwujudan simbol kebudayaan tidak hanya bertujuan menawarkan keindahan warna yang tersemat pada objek Ondel-ondel Betawi saja, tetapi warna turut menawarkan konstruksi representasi realitas sosial kehidupan masyarakat Betawi yang secara terpendam terdapat didalamnya. Oleh karena itu warna dalam konteks desain komunikasi visual, yang sehari-hari kita temukan di berbagai objek dapat dikatakan bersifat simbolik. Artinya warna dapat menjadi simbol sejauh imaji yang ditampilkannya membentuk dan merefleksikan nilai hakiki. pemakaian warna pada objek ondel-ondel Betawi sarat dengan tanda-tanda komunikatif. Untukitulahpenelitianyangberjudul“Kajian Semiotika Warna Pada Ondel-ondel Betawi Tahun Pembuatan 2010 di Jakarta Selatan” dibuat,dengantujuanuntukmemberikanmasukanterhadapkekayaandaninventarisasimaknapadaranahdesaindariberbagaiwarnayangterdapatpadaondel-ondelBetawi sebagai konstruksi representasi realitas sosial masyarakat Betawi.

 

Kata kunci: kajian, semiotika, warna, ondel-ondel betawi, Jakarta Selatan


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Tinarbuko. Sumbo, (Semiotika Komunikasi Visual), Yogyakarta, Penerbit Jalasutra, 2009.

Piliang. Yasraf Amir, HIPERSEMIOTIKA: Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna,

Jalasutra, Jogjakarta. 2003.

LPUI, Seminar Semiotika, Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya LPUI dan Lingkaran Peminat Semiotika, 1992.

Sobur, Alex, 2001. Analisis Teks Media; Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing, Rosdakarya, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.