KAJIAN TATA RUANG PERPUSTAKAAN ANAK DI PULAU UNTUNG JAWA

Indra Gunara Rochyat

Abstract


Abstract

The Children's Library Room is a public facility built for children of Untung Jawa residents that serves as a place for storing literature that supports children's education. In this case the researcher collected arguments stating the cause of an interior design work on the island of Untung Jawa carried out. From direct observation many have problems, but researchers decide to study the space in / location of the room. The problem is the layout or design of indoor layouts that are not good in order to maximize services to the community. The target audience of this research is for economically unproductive communities such as SMP, SD and PAUD as well as groups of children and adolescents who are on the island of Untung Jawa. The researcher approaches the phenomenological research methodology with a feasibility study that is connected with the user's request to conduct research in the location that is the object of research. The research aims to provide input in the form of a new layout in the children's library space and help create peace and comfort in community life through improved service facilities and can improve thinking and reading skills so that knowledge from the target partners can increase. The output of this activity is: one scientific article from being published in a journal. The goal of the type of output from economically non-productive partners is that in the year of activity (TS) it is expected that knowledge and services can increase.

 

Keywords:, interior design, ergonomics, library room

 

Abstrak

Ruang Perpustakaan Anak merupakan fasilitas umum yang dibangun bagi anak-anak penduduk Untung Jawa yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan literatur yang menunjang pendidikan anak-anak. Dalam hal ini peneliti mengumpulkan argumentasi yang menyatakan penyebab sebuah pekerjaan desain interior di Pulau Untung Jawa dilaksanakan. Dari pengamatan langsung banyak memiliki permasalahan, namun peneliti memutuskan untuk mengkaji ruang dalam/teta letak dari ruangan. Permasalahannya adalah tata letak atau desain layout ruang dalam yang tidak baik dalam rangka memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat. Khalayak sasaran dari penelitian ini adalah untuk masyarakat tidak produktif secara ekonomi seperti SMP, SD dan PAUD serta kelompok anak dan remaja yang ada di lokasi Pulau Untung Jawa. Peneliti melakukan pendekatan metodologi penelitian fenomenologis dengan studi kelayakan yang dihubungkan dengan permintaan pengguna untuk melakukan penelitian di lokasi yang menjadi obyek penelitian. Penelitian bertujuan untuk memberikan masukan berupa tata letak baru pada ruang perpustakaan anak dan membantu menciptakan ketentraman dan kenyamanan dalam berkehidupan bermasyarakat melalui perbaikan layanan fasilitas dan dapat meningkatkan ketrampilan berpikir serta mambaca sehingga pengetahuan dari sasaran mitra dapat meningkat. Luaran kegiatan ini adalah: satu artikel ilmiah dari dipublikasikan melalui jurnal. Sasaran dari jenis luaran dari mitra non produktif secara ekonomi adalah bahwa pada tahun kegiatan (TS) diharapkan pengetahuan dan layanannya dapat meningkat.

 

Kata kunci: desain tata letak, ergonomi, ruang perpustakaan


References


Endaswara, Suwardi. (2006). Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan. Pustaka Widyatama.

Iskandar, Tb. Zulrizka. (2013). Psikologi Lingkungan Metode dan Aplikasi, Cetakan Kesatu. Jakarta: PT. Refika Aditama.

Julius Panero, Martin Zelnik. (2003). Dimensi Manusia dan Ruang Interior. Jakarta: Erlangga.

Manuaba, I.B.A. (1998). Dengan Desain yang Aman Mencegah Kecelakaan dan Cedera. Bunga Rampai Ergonomi. Volume 1. Denpasar: Program Studi Ergonomi - Fisiologi Kerja. Denpasar: Universitas Udayana.

Moleong, Lexi J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Semiawan, Conny R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grasindo.

Sulistyadi, Kohar. (2003). Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi, Publisher: Jakarta Universitas Sahid.

___________, Ergonomi Desain, http://andarbugs.multiply.com/journal, dunduh pada tanggal 28 April 2016 pukul 14:35.

___________, RPTRA, http://www.abouturban.com/2016/11/16/apa-itu-rptra/, dunduh pada tanggal 25 April 2019 pukul 18:35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat