ANALISIS KORELASI PANDANGAN KONSUMEN TERHADAP SOSOK DIAN SASTRO SEBAGAI BRAND AMBASSADOR BUKALAPAK

Reza Ramadani Firman, Agung Eko Budiwaspada, Achmad Syarief

Abstract


Abstract

The development of the increasingly advanced advertising world makes each brand required to be able to present an appeal to its advertisements by giving rise to advantages and characteristics in order to attract the sympathy of consumers. One attraction of advertising is to present a brand ambassador. The purpose of this study was to identify consumers' views of the figure of Dian Sastro as a Bukalapak brand ambassador through the characteristics of brand ambassadors. This research was conducted using quantitative descriptive research methods with technical data analysis using SPSS 16.0 software for windoww. The study used a sample of 116 respondents and data collection using online questionnaires. Based on the research results obtained from the four characteristics of brand ambassadors namely visibility, credibility, attraction, and power, the figure of Dian Sastro as a brand ambassador has a strong appeal and character and can support other indicators. Thus the figure of Dian Sastro as the brand ambassador in Bukalapak was stronger viewed by respondents in terms of Visibility and Credibility, namely in terms of likeability and the level of similarity with the personality desired by users of products or services (similarity) to be the dominant attraction.

 

Keywords: Brand Ambassador, Dian Sastro, Attraction, Bukalapak

 

Abstrak

Perkembangan dunia periklanan yang semakin maju membuat setiap brand diharuskan mampu menyajikan suatu daya tarik iklannya dengan memunculkan keunggulan serta ciri khas demi menarik simpati konsumen. Salah satu daya tarik iklan adalah dengan menghadirkan brand ambassador. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pandangan konsumen terhadap sosok Dian Sastro sebagai brand ambassador Bukalapak melalui karakteristik brand ambassador. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknis analisis data menggunakan software SPSS 16.0 for windoww. Penelitian menggunakan sampel responden sebanyak 116 responden dan pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan dari ke empat karakteristik brand ambassador yaitu visibility, credibility, attraction, dan power, sosok Dian Sastro sebagai brand ambassador memiliki daya tarik popularitas dan karakter yang kuat dan dapat merndukung indikator lainnya. Dengan demikian sosok Dian Sastro sebagai brand ambassador di Bukalapak ini lebih kuat dipandang responden secara faktor Visibility dan Credibility yaitu secara likeability (tingkat disukai) maupun dengan tingkat kesamaan dengan personality yang diinginkan pengguna produk atau jasa (similarity) menjadi ketertarikan yang dominan.

 

Kata kunci : Brand Ambassador, Dian Sastro, Daya Tarik, Bukalapak


References


Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2002). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan, Penerbit Prenhalindo, Jakarta.

Kasilo, Djito. (2008). Komunikasi Cinta; Menembus G-Spot Konsumen Indonesia, Kepustakaan Populer Gramedia. Jakarta.

Lee, Monle & Johnson, Carla. (2007). Prinsip - Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif. Global, Prenada Media. Jakarta.

Moriarty, S., Mitchell, N. & Wells, W. (2011). Advertising, Kencana. Jakarta.

Purnama. (2003). Pengaruh Iklan Televisi Menggunakan Background Musik Terhadap Rezall Audience (Studi kasus : Iklan Mcdonald’s Terhadap Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta), UII, Yogyakarta.

Ramadhan, G. (2014). Kajian Peran Daya Tarik Visual Iklan Dan Atribut Produk Terhadap Minat Beli Konsumen, ITB, Bandung.

Reaton, Karla. (2006). The Relationship of Celebrity Advertisment to Consumer Attitudes and Purchase Intentions, Research Papers June 30. Florida State University.

Rohidi, Tjejep Rohendi. (2011). Metodologi Penelitian Seni, CV. Cipta Prima Nusantara. Semarang.

Rossiter, John R., & Larry Percy. (1987). Advertising and Promotion Management. New York : McGraw-Hill International Book Co.

Schiffman, Leon G & Leslie L. Kanuk. (2008). Consumer Behavior, International Edition. Pearson Prentice Hall International. USA.

Shimp, T. A. (2003). Advertising Promotion; Supplemental Aspects of Intergrated Marketing Communications, 5th ed., Dryden Press, Fort Worth, TX.

Suyanto, M. (2004). Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tellis, Gerard. (1998). Advertising and Sales Promotion Strategy, Prentice Hall International.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat