PERANCANGAN KENDARAAN TANGGAP BENCANA TENDA MEDIS MODULAR UNTUK KORBAN BENCANA ALAM

Tito Aryantama, Salman Maulana

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara yang wilayahnya rawan terhadap bencana alam misalnya bahaya geologi seperti gunung api, longsor, dan tsunami. Lalu ada bahaya hidro-meteorologi seperti bencana gelombang besar, kekeringan, pasang surut, dan bencana banjir. Banjir adalah dimana suatu daerah tergenang oleh air dalam jumlah yang begitu besar. keadaan curah hujan diatas normal dan adanya pasang naik air laut merupakan penyebab utama terjadinya banjir. Selain itu faktor ulah manusia juga berperan penting seperti penggunaan lahan yang tidak tepat, pembuangan sampah kedalam sungai, pembangunan pemukiman di daerah dataran banjir dan sebagainya. Kejadian bencana banjir sangat bersifat lokal. Satu daerah bisa terlanda banjir dan daerah lainnya aman. Oleh sebab itu, informasi mengenai banjir yang resmi biasanya berasal dari institusi di daerah yang bertanggung jawab, seperti BPBD. Masyarakat yang berada di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi,Surabaya dan Bandung dapat berpartisipasi untuk memberikan informasi ketinggian genangan air dan banjir melalui media sosial dan akan dipetakan melalui laman PetaBencana.id. Kendati sifatnya bencana lokal, namun terkadang banjir juga dapat meluas dan melumpuhkan kehidupan perkotaan seperti yang sering terjadi di Jakarta. Oleh sebab itu, langkah antisipasi harus dilakukan baik sebelum, saat, dan pascabencana banjir. Badan mitigasi penanggulangan bencana harus lebih serius untuk menangani dan meningkatkan lagi proses menejemen mitigasi bencana disetiap daerah yang rawan terhadap bencana, agar meminimalisir kerugian dan korban jiwa.

 

Kata kunci: Bencana banjir, penanggulangan bencana, mitigasi bencana


Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2010). Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana. Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Volume I Nomor 1, Oktober 2010.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2016). Risiko Bencana Indonesia. Jakarta: BNPB.

BAKORNAS PBP. (2007). Arahan Kebijakan Mitigasi Bencana Perkotaan di Indonesia. Jakarta : Badan Koordinasi Nasional Penanganan Bencana.

Fauzi, Muhammad. (2020). Desain Pillow Mask Sebagai Fasilitas Kesehatan Bagi Mahasiswa Pekerja Paruh Waktu. In: SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur). p. 418-423.

Felicia A, Putri AW, Oskar J. (2020). Pengembangan Ergonomi Bentuk Desain Seterika. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur. 2020 Mar: Vol.3: 494.

Indra GR, Putri AW. (2020). Kajian Desain Interior Perpustakaan Anak di Pulau Untung Jawa. Fakultas Arsitektur dan Desain. 2020 Juni: Vol.2 No.1: 99-116.

Marpaung, Jhon Viter. (2019). Perancangan Mobil Ramah Lingkungan Yang Mendukung Aktifitas Extreme di Medan Gurun. In: SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur). p. 84-90.

Palgunadi, Bram. (2008). Disain Produk 3: Mengenal Aspek Desain, Bandung: Penerbit ITB.

Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulang Bencana Nomor 7 Tahun 2015 tentang Rambu dan Papan Informasi Bencana.

Putri AW, Huddiansyah. (2020). Relevansi Mata Kuliah Sejarah Desain Industri Terhadap Proses Kreatif Dunia Industri Produk. Universitas Pembangunan Veteran. 2020 Nov: Vol.2 No.2 : 167-180.

Putri AW, Huddiansyah. (2020). Relevansi Mata Kuliah Sejarah Desain Industri Terhadap Proses Kreatif Dunia Industri Produk. Universitas Pembangunan Veteran. 2020 Nov: Vol.2 No.2: 167-180.

Raco, M.E., M.Sc., Dr. J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta :Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat