Perancangan Coffee Table Book “oeang Repoeblik Indonesiaâ€

David Happy Christian, Geggy Gamal Surya

Abstract


Terdapat banyak peristiwa bersejarah di Indonesiayang semakin lama, semakin terkikis keberadaannya. Salah satunya adalah sejarah peristiwa Oeang Repoeblik Indonesiayang merupakan uang pertama bagi Republik Indonesiadan sebagai uang perjuangan yang dapat mempersatukan semangat perjuangan pada masyarakat Indonesiamenancapkan kedaulatan Republik Indonesia. Selain itu ORI merupakan simbol dari sebuah perjuangan, karena pada saat itu dalam mencetak ORI perlu adanya perjuangan. Untuk menyebarluaskan peredaran ORI ke masyarakat luas, para pejuang harus menghadapi ketatnya pengawasan dari pihak Belanda. Oleh karena itu, peristiwa sejarah ORI ini harus dijaga dan dikomunikasikan dengan baik ke masyarakat sekarang ini, agar seluruh masyarakat Indonesia mengetahui sejarah ini dan aware terhadap sejarah ORI, sehingga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dalam hati masyarakat Indonesia. Maka dari itu dibutuhkan suatu media yang familiar disemua kalangan masyarakat yaitu media publikasi buku, untuk meningkatkan awareness tehadap buku sejarah ORI maka visual buku dapat menarik pembaca. Oleh karena itu coffee table book menjadi jenis buku yang tepat untuk media perekam peristiwa ORI ini, dengan menggunakan keyword “Proklamasi“ yang mendukung sejarah ORI sebagai Identitas negara Republik Indonesia. Pemasaran buku ini memiliki target utama dengan umur 38-50, dan target sekunder 20- 30 tahun. Demikian perancangan coffee table book sebagai media perekam coffee  table book untuk menjaga kelestarian dari sejarah ORI agar tetap dapat diceritakan kepada generasi selanjutnya, yang dapat bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme terhadap bangsaindonesia.

 

Kata kunci: perancangan, coffee table book, oeang Indonesia


References


Adrianto, Elvinaro. 7 Pilar Strategi Komunikasi Bisnis. Bandung: Widya Padjajaran.

Darmaprawira, Sulasmi.2002. Warna Teori dan Kreatifitas penggunaannya. Bandung: Penerbit ITB.

Komala, Lukiati. 2009. Ilmu Komunikasi. Bandung: Widya Padjajaran.

Kuntarto, Niknik M. 2007. Cermat dalam berbahasa Teliti dalam berpikir. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sachari, Agus. 2006. Budaya Visual Indonesia.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sihombing, Danton. 2001. Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: PT. Gramedia

Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Swedlund, Charles, Photography, 1974, Holt, Renihart and Winston, inc.

Tim Sejarah Bank Indonesia. Sejarah Bank Indonesia Periode 1: 1945-1959. Bank

Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat