Perancangan Panduan Lengkap Pariwisata Toraja

Herman Susanto, Muhammad Fauzi

Abstract


Keanekaragaman seni budaya dan tradisi di Indonesia merupakan kekuatan dan modal besar masyarakat Indonesia, tuntutan untuk turut serta dalam melestarikan identitas  bangsa dengan melindungi warisan budaya sangat besar, mengingat nilai-nilai budaya  barat begitu mengekang masyarakat Indonesia, inilah saatnya masyarakat  memberikan  pengetahuan budaya Indonesia ke masyarakat dunia. Bangsa  yang  sangat  kaya  akan  keindahan  panorama  alam  dan keunikan  budaya. tidak dapat dinilai harganya, belum termasuk sumber daya alam yang berlimpah merupakan warisan bangsa Indonesia dan dunia, demikian banyaknya peninggalan berharga dari nenek moyang Bangsa Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain, salah satu Kekayaan adat istiadat Tana Toraja dipadu dengan pemandangan nan indah, hamparan tanah yang subur, keunikan arsitektur serta fenomena ritual mitologis yang sangat jarang dijumpai di tempat lain. dengan tetap menjaga dan menjunjung tinggi tradisi adat istiadat ataupun kepercayaan Aluk Todolo dirangkum dalam Buku panduan yang berguna sebagai jembatan informasi, dengan adanya sebuah buku panduan yang membahas khusus mengenai pariwisata Tana Toraja diharapkan persoalan kurangnya perhatian pemerintah dalam dunia pariwisata di Indonesia akan mendapatkan tanggapan yang lebih baik dan konkret, tidak hanya sebatas wacana, dan mampu memfasilitasi keinginan masyarakat agar terciptanya perkembangan ekonomi yang dapat diandalkan dari prospek cerah dari pariwisata Indonesia.

 

 

Kata kunci: perancangan, informasi, budaya


References


Adityawan.S, Arief., Tim Litbang Concept. 2010. Tinjauan Desain Grafis. Jakarta : Concept Media.

Barata, Adya Atep. 2003. Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Gramedia.

Brannen, Julia. 2004. Memadu Metode Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Radja Grafindo Persada.

Darmaprawira W.A, Sulasmi. 2002. Warna Teori dan Kreativitas Penggu- naannya. Bandung : Institut Teknologi Bandung.

Dewantara, Ki Hajar. 1994. Kebudayaan. Yogyakarta : Majelis Luhur Per- satuan Tamansiswa.

Kasali, Rhenald. 1992. Manajemen Periklanan, Konsep, dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Pustaka Umum Grafiti.

Kusrianto, Adi. 2007, 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi Offset.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, Zulkarimen. 2003. Komunikasi Pembangunan Pengenalan Teori dan Penerapannya Politik di Ruang Cyber. Jakarta : Radja Grafindo Persada.

Pareno, Sam Abede. 2002. Kuiah Komunikasi Pengantar dan Praktek. Surabaya : Papyrus.

Safanayong, Yongky. 2006. Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta : Arte Intermedia.

Smith, Ronald. D. 2005. Strategic Planning for Public Relations. New Jersey

Vera, Nawiroh. 2010. Pengantar Komunikasi Massa. Tangerang : Renata Pratama Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat