Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Bentuk Promosi untuk Kampanye Biodiesel

Daud Giovanni Murti, Teguh Imanto

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang mengakibatkan dampak baik positif maupun negatif bagi manusia. Salah satunya yaitu adalah pemanasan global yang dampaknya dapat berpengaruh bagi eksistensi kehidupan manu- sia untuk jangka waktu kedepan.Salah satu penyebabnya adalah akibat dari asap kendaraan bermotor yang semakin ari semakin bertambah. Penulis terdorong untuk melakukan kegiatan kampanye bagi kendaraan bermotor agar pembakaran asap kendaraan bermotor menjadi lebih bersih sehingga mengurangi dampak dari pemanasan global. Yaitu merancang media promosi untuk kampanye Biodiesel yang dikhususkan bagi kendaraan bermesin diesel. Dalam pembuatan tugas akhir ini, penulis melakukan be- berapa langkah dalam pencarian data, yaitu dengan melakukan observasi ke perusahaan biodiesel Indonesia, yaitu PT.BIODIESEL AUSTINDO secara langsung, serta riset data di Perpustakaan Na- sional, PERTAMINA, Departemen Kesehatan, dan Greenpeace. Konsep perancangan diterapkan didalam media cetak serta web dalam mendukung kampanye dan promosi Biodiesel.

 

Kata kunci: media komunikasi, teknologi, biodiesel


References


Antar Venus, 2004. Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Asmawi,Akhmad Johan. 1996. Emisi Gas Buang Kendaraan Ber- motor. Jakarta: Grasindo

Effendi Syarief. 2004. Melawan Ketergantungan Terhadap Minyak bumi. Insist Press

Kusmiati, Artini.2004.Dimensi Estetika Pada Karya Arsitektur dan Desain. Jakarta: Djambatan

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual, Edisi Kedua. Yogyakarta: ANDI.

Morissan. 2007. Periklanan dan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Tangerang: Ramdina Prakarsa

Sihombing, Danton. 2001. Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Susanta, Gatut. 2008. Akankah Indonesia Tenggelam akibat Pe- manasan Global? Cimanggis-Depok: Penebar Plus.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Yogya- karta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat