Tunjauan Media Visual Dalam Strata Masyarakat Yang Tinggal Dalam Tata Kota Kawasan Pemukiman

Teddy Mohamad Darajat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan meluruskan kembali aturan tentang signage yang ada di ruang public. Kajian yang dianggap mampu merubah persepsi sebagian masyarakat akan pentingnya suatu simbol yang tidak seharusnya berdiri diatas kepentingan perorangan. Metodologi yang mengacu pada penelitian lapangan adalah deskriptif kualitatif, yang juga mengangkat factor soisologi lingkungan masyarakat di suatu pemukiman khusunya dan perkotaan umumnya. Makna berupa symbol dan desain menjadi fokus penelitian ini karena berdampak penting bagi pembangunan suatu kultur masyarakat apakah sudah mampu menerima persepsi dengan benar atau perlu ada kajian menganai hal tersebut. Dikarenakan setiap daerah memiliki cirri khas yang berdebeda satu sama lain apakah itu ditingkat pengetahuan atau ekonominya. Pemetaan yang diambil dari lokasi paling sepi hingga tingkat keramaian tinggi dengan pola perilaku yang berubah dari segi usia dan karakter menjadi langkah penting dalam menghasilkan suatu jawaban yang dapat diterima oleh segala pihak demi pembangunan kawasan penelitian selanjutnya. Tahun  2010 dimana mulai  diperkenalkan system transportasi baru dan beberapa perubahan rambu turut menjadi perhatian penulis dalam rangka perbaikan menuju tingkat yang lebih sempurna dari penelitian ini

 

Kata kunci: media visual, strata masyarakat, tata kota

References


Agus Sachari 2008, Sosiologi Desain, Bandung: Penerbit ITB

Alex Sobur, “SemiotikaKomunikasiâ€, Rosdakarya, Bandung, Oktober 2004.

Artini Kusmiati, 1999, Teori dasar disain komunikasi visual, Jakarta, Djambatan

Helen Armstrong, 2010, Graphic Design Theory, Jogyakarta :Penerbit Andi

Lin-Lin Chen, Kun-An Hsiao, 2008, Affective Product Shapes through Image Morphing, artikel A0000000080.

Renée Montagne, â€The Hollywood Sign.Present at the Creation. National Public Radio Crime Libraryâ€. 20 September 2006.

Susan Vihma & Seppo vakeva, â€Semiotika visual dan semantika produkâ€, jalasutra 2009.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D, Bandung :Penerbit PT Alfabeta

Susann Vihma & Seppo Vakeva, 2009, Semiotika Visual dan Semantika Produk, Jogyakarta dan Bandung :Penerbit Jalasutra

W. Gulo 2007, Metodologi Penelitian , Jakarta :Penerbit PT Gramedia

Yasraf Amir Piliang, 1995, Pluralitas bahasa rupa : membaca pikiran Pribadi Tabrani, Bandung, Jurnal Ilmu Desain : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB Vol.1 No.1, hal. 63-74. Artikel A0000000087.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat